Entrepreneurial Leaders Are Made, Not Born.

Tidak ada manusia yang lahir dan langsung menjadi entrepreneur. Entrepreneur leader adalah seseorang yang digambarkan sebagai risk-takers, inovator, pencari peluang dan berani menjadi agen perubahan. Beberapa orang beranggapan bahwa entrepreneur adalah bawaan sejak lahir dengan karunia karakter yang siap menjadi entrepreneur.

Dalam kenyataan, tidak ada seseorang pun yang terlahir langsung memiliki karakter sebagai entrepreneur. Merupakan sebuah proses pengalaman dan pembentukan karakterlah yang membuat seseorang memilih untuk menjadi seorang entrepreneur, proses ini pun dijalani bukan hanya dalam waktu singkat tetapi secara krusial dalam jangka yang cukup lama. Ada banyak faktor yang membuat seorang entrepreneur mencapai kesuksessan dan hampir semua entreprenuer pernah gagal karena satu atau lebih dari faktor tersebut. Namun kegagalan tersebut sendiri adalah merupakan sebuah proses pembentukan yang membuat para entreprenuer memiliki experience dan bangkit menjadi lebih baik.

Entrepreneur leader memang tidak dilahirkan namun ternyata banyak dari entrepreneur yang menggapai kesuksesan pada usia yang cukup muda. Berikut adalah survey yang dilakukan Ernst & Young pada 685 entrepreneur. Banyak dari mereka yang memulai usaha mereka sebelum mencapai umur 30 tahun.

Nature or Nurture - Decoding the DNA of the Entrepreneur.pdf (page 7 of 28)-2.jpg

58% responder merupakan 'transitioned' atau berpindah dari seorang pegawai menjadi seorang entrepreneur.
Mereka yang berpindah jalur tersebut mengakui bahwa dengan menjadi seorang pegawai mereka juga memiliki 'experience' untuk belajar menjadi seorang entrepreneur leader. Pengalaman tersebut menjadi modal dalam dunia kerja yang akan mereka ciptakan. Dari survey tersebut juga diketahui faktor-faktor yang telah diranking yang menjadikan seorang succed entrepreneur leader.

Nature or Nurture - Decoding the DNA of the Entrepreneur.pdf (page 8 of 28).jpg