Mencapai Tujuan dengan SMART

Transient

Salah satu konsep yang terkenal untuk merumuskan tujuan secara efektif adalah konsep S.M.A.R.T  (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely). Konsep ini pertama kali digunakan oleh George T. Doran pada tahun 1981. Mungkin Anda juga tidak asing dengan konsep SMART ini, namun barangkali masih belum terbiasa menerapkannya.

1. Specific

Tujuan yang Anda tetapkan harus jelas dan spesifik. Jelas akan membantu menguraikan apa yang akan Anda lakukan, sedangkan spesifik akan membuat segala upaya Anda fokus pada target yang akan dicapai.

 

2. Measurable

Apa yang ingin Anda capai haruslah bisa diukur, misalnya seberapa kuat, seberapa sering, seberapa banyak, atau seberapa dalam.

 

3. Achievable

Tujuan yang Anda tetapkan haruslah bisa dicapai. Dengan begitu Anda akan berkomitmen untuk mencapainya dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai Anda menetapkan tujuan yang tidak mungkin Anda capai.

 

4. Realistic

Realistis atau masuk akal adalah hal lain yang harus dipenuhi oleh tujuan yang ingin Anda capai. Jangan membuat tujuan yang terlalu sulit sehingga tidak mungkin Anda capai atau membuat tujuan yang tidak sejalan dengan keinginan atau hasrat hati Anda.

 

5. Timely

Anda harus bisa menetapkan kapan tujuan tersebut harus dicapai. Apakah minggu depan, tahun depan, atau lima tahun lagi. Dengan adanya batasan waktu, Anda akan terpacu untuk segera memulai melakukan tindakan.

Sumber: http://nur-agustinus.blogspot.com/2013/06/membuat-tujuan-yang-smart.html

Kuliah Kepemimpinan GRATIS

Bapak Ir. Basuki Tjahaja Purnama MM, atau yang lebih dikenal dengan nama Ahok, terkenal dengan kepemimpinannya yang tegas serta berintegritas. Melalui platform Universitas Ciputra Entrepreneurship Online (UCEO) ini, beliau bersedia untuk berbagi pengalaman dan prinsip-prinsip kepemimpinan yang penting bagi pemimpin muda bangsa Indonesia, baik di dunia bisnis maupun pemerintahan. Kuliah Entrepreneurial Leadership Ahok Way ini dipersiapkan agar setiap peserta dapat memperoleh mutiara-mutiara pembelajaran dari Bapak Ahok.