Pendiri Oracle Mengagumi Orang yang Berani Mengambil Resiko

Transient
"Saya mengagumi orang yang berani mengambil resiko. Saya menyukai pemimpin, seseorang yang melakukan sesuatu sebelum mereka menjadi popular. Saya menemukan jenis inspirasi integritas semacam ini."- Lawrence J. Elis

Saat ini Oracle merupakan pembuat software untuk manajemen informasi sekaligus perusahaan software kedua terbesar di dunia dengan penjualan lebih dari US$10 miliar pada tahun 2006. Bandingkan dengan Microsoft yang mencapai US$36 miliar, Microsoft rupanya ingin pula menjadi raja di dunia database. Secara teoritis seharusnya Oracle bisa "dijungkirbalikan" oleh Microsoft namun itu tidak pernah terjadi. Justru Oracle semakin sukses dan membuat Larry Ellison menjadi salah satu orang terkaya sehingga disebut The Other Software Billionaire.

Apa saja jurus maut yang dimiliki oleh Larry Ellison CEO Oracle itu? Pertama, ia memiliki cita-cita yang besar dan berani menciptakan tantangan-tantangan yang mustahil. Larry pernah memberi tantangan ke tim penjualan untuk meningkatkan penjualan hingga 100%, suatu prestasi yang sulit dicapai saat itu. Namun jika bukan karena kejadian itu, Oracle tidak akan meraih kesuksesan seperti saat ini.

Kedua, ia adalah seseorang yang belajar terus menerus walau secara akademis ia pernah drop-out. Larry Ellison membuktikan bahwa keberhasilan dalam dunia bisnis tidak hanya mengandalkan kemampuan akademis, tetapi juga kombinasi dengan kemampuan di lapangan. Drop-out tidak membuatnya patah semangat namun justru membuatnya belajar dari kegagalan dan bangkit meraih keberhasilan.

Ketiga, Larry juga seorang pengambil resiko yang sangat berani. Kadang dia juga menjanjikan ke pelanggannya sesuatu yang belum dia miliki, kemudian bersama timnya dia mewujudkan janji tersebut.

Keempat, Larry adalah seseorang yang sangat percaya diri dan berani tampil beda. Larry sempat membuat kontroversi dengan mengatakan bahwa dia bisa membeli Apple Computer dari rekannya Steve Jobs hanya dengan melepas topinya. Dia juga pernah berkata bahwa dia tidak keberatan menjatuhkan misil ke pusat Microsoft. Tampaknya penantang raksasa Microsoft ini adalah tokoh yang unik dan kontroversial.

Dari tokoh Larry Ellison ini, setidaknya kita melihat beberapa kelebihannya, yakni semangatnya yang tidak mudah menyerah. Meskipun bisnisnya pernah dikepung oleh perusahaan raksasa dengan armada lengkap, dia tetap bertahan sebagai pemimpin pasar untuk produk database berkat inovasi dan kerja kerasnya.