Ide Kecil yang Tidak Mustahil

"I don’t have big ideas. Sometimes, I have small ideas, which seem to work out." - Matt Mullenweg

Matthew Charles Mullenweg yang lebih dikenal dengan Matt Mullenweg adalah pendiri sekaligus pengembang perangkat lunak Wordpress. Matt lahir di Houston, Texas, Amerika Serikat pada tanggal 11 Januari 1984 dan mampu dengan umurnya sekarang, 29 tahun mencapai kesuksesan yang lebih dari orang seumurannya. Matt menempuh pendidikan SMA di bidang Seni Visual dan Pertunjukan. Ia pun mahir memainkan musik saksofon. Meskipun studinya bukan dibidang teknologi komputer dan programming, Matt berhasil mendirikan serta mengembangkan software yang kini sangat terkenal yakni WordPress.com.

Sejarah  bermula saat Matt berusia 18 tahun (tahun 2002). Ketika itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog yang bernama b2cafelog. Ia menggunakan blog b2 untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C. Namun, beberapa bulan kemudian, blog bbpress tempat Matt mempublikasi fotonya berhenti dalam mengembangkan software-nya. Karena kondisi seperti itu, muncullah pemikiran kreatif dari Matt. Pada Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blog-nya bahwa dia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu.

 

Dengan inisiatif sendiri, Matt bersama Mike Little mulai memgembangkan coding WordPress berbasis b2. Kemudian, Mike dan Matt bersama Michel Valdrighi (mantan pengembang b2), mulai aktif mengembangkan WordPress hingga lahirlah WordPress yang Anda kenal saat ini. Dari inisiatif dan ide sederhana itu pada usai yang ke-25, Matt mampu meraup keuntungan tidak kurang dari USD 40 Juta atau sekitar Rp.400 Miliar.