[Inspiratif] Gagal Usaha Bebek, Bangkit dengan Sepatu

Pembelajaran minggu ke-6 UCEO kali ini bertema " Attitude to Failure ". Sebagian dari Anda mungkin masih ragu untuk memulai usaha sendiri karena takut akan kegagalan. Namun kami telah banyak membuktikan bahwa Entrepreneur adalah sebuah proses. Salah satu kisah inspiratif berikut merupakan kisah nyata mahasiswi UC yang muncul pada koran Jawa Pos tanggal 2 Oktober 2013.

Bella Revi Sasmita, mahasiswi UC jurusan IBM angkatan 2009, membuka usaha sepatu berawal dari sebuah ketidak-pede-an. Usianya yang begitu muda namun berani menjawab tantangan dalam mengambil keputusan membuat usaha sepatunya beromzet Rp 31,5 Miliar per bulan. Usaha tersebut dilakoninya sebelum lulus dari kuliah di UC. Namun jangan Anda kira bahwa Bella Revi pada awalnya tidak mengalami derita. Sebelum terjun ke usaha sepatu, dia membuka usaha peternakan bebek.

Awalnya semua lancar , bahkan jumlah bebek yang ia ternak mencapai 1000 ekor. Namun karena kesalahan pengambilan keputusan yakni memindahkan lokasi peternakan, dia rugi. Jumlah bebek yang dia ternak menyusut hingga 100 karena banyak yang mati. "Akhirnya saya bawa balik ke Surabaya. Sebagian saya jual dan sebagian lagi digoreng." katanya.

Dari kejadian itu dia mengaku justru belajar banyak. Yakni, bisnis memang harus sesuai dengan passion. "Makanya sekarang saya menekuni bisnis fashion berupa sepatu. Dulu untuk bebek, hanya tergiur untung besar. Padahal, saya tidak menguasai bidang itu",tutur Bella.