Empat Karakter Entrepreneur

Menurut Johan Hasan, salah satu fasilitator UCEO dalam bukunya seri Entrepreneur Kelas Dunia, setidaknya ada empat hal yang membuat seseorang menjadi Entrepreneur.  

Pertama, mereka memutuskan untuk memiliki visi menjadi seorang Entrepreneur. Mungkin suatu ketika di masa lalu, mereka terinspirasi oleh seorang entrepreneur sukses atau mengalami sebuah pengalaman hidup yang menggugah, atau menemukan ide luar biasa yang memiliki nilai jual. Apapun itu, mereka telah memulai dengan sebuah keputusan untuk masuk dalam dunia bisnis sebagai Entrepreneur. 

Kedua, mereka mengembangkan ide kreatif sedemikian rupa sehingga ide tersebut memiliki nilai pasar yang kita sebut sebagai inovasi. Tidak heran ketika kita bertemu dengan seorang Entrepreneur sejati, kita akan bertemu dengan seorang yang kaya akan gagasan. Gagasan yang  berkaitan dengan kebutuhan dan  peluang di pasar, tentunya. Sangat wajar bila orang melihat para Entrepreneur sebagai seseorang yang rajin mencari peluang bisnis.

Ketiga, mereka mewujudkan ide kreatif tersebut dalam sebuah usaha bisnis. Mereka mengembangkan sebuah bisnis model, mengumpulkan berbagai sumber lalu mengkomunikasikan produk dan jasa mereka kepada masyarakat. Apabila terjadi sebuah transaksi, maka itulah momen lahirnya sebuah bisnis. 

Keempat, seorang Entrepreneur berani mengambil resiko yang telah diperhitungkan. Mereka pasti bukan orang-orang yang takut atau cenderung menghindari resiko, bukan berarti asal mengambil resiko. Mereka akan membuat kalkulasi dengan cermat dan berusaha meminimalkan resiko. Resiko yang diambil oleh seorang Entrepreneur tidak hanya resiko dalam hal finansial, tetapi mereka juga mempertaruhkan waktu, reputasi dan menyiapkan diri untuk bekerja keras. Oleh karena mereka sadar akan resiko, maka kegagalan dan resiko yang ditanggung bukan lagi menjadi alasan untuk berhenti mencoba.