Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti sukses

Tidak terasa kuliah ECW sudah menapaki  minggu yang terakhir. Pada minggu ke-7 ini tema yang dibawakan Pak Ciputta adalah Determination. Suatu ketekadan, keyakinan, ikrar dan janji yang akan kita jadikan trigger dalam mencapai kesuksessan kita. 

Ada ungkapan Arab yang terkenal yaitu “Man Jadda WaJada” yang artinya “Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil, ”where there is a will there is a way!” Tidak ada hal yang mustahil jika kita mau berusaha dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, yang penting ada kemauan dan ada kesungguhan serta gunakan logika serta ilmu pengetahuan sesuai kapasitas kita masing masing.

Pak Ciputra juga menambahkan bahwa kesuksesan yang kita cari harus lah lebih dari kesuksesan untuk diri sendiri melainkan juga harus berarti bagi orang lain. Kutipan dari buku/film 5 Menara:“Orang besar itu bukan dilihat dari jabatan apa yang kamu raih, bukan seberapa banyak harta yang kamu miliki, namun orang besar itu adalah siapapun dari kamu yang keluar dari pondok pesantren ini dan dapat memberikan kebermanfaatan yang banyak bagi sekitarmu, entah di kolong jembatan, di bukit-bukit gunung negeri ini, di daerah pelosok dan dimanapun kamu berada…..”