Kunci Sukses Memulai Usaha dari Australia's Small Business Festival

Anda mempunyai ide briliant untuk memulai bisnis, atau ingin mengubah hobi Anda menjadi sebuah usaha yang menguntungkan. Bagaimana mewujudkannya sehingga tidak membiarkannya hanya menjadi sebuah angan-angan saja?

John Anderson, pendiri Contiki Tours, percaya bahwa setidaknya ada tiga hal yang harus dibangun untuk memulai sebuah usaha.

1. Ide bisnis yang luar biasa akan percuma jika Anda sulit menjualnya. Produk atau jasa yang Anda tawarkan harus bisa diterima pasar. Dengan kata lain, percuma ide bisnis yang bagus tapi bukan merupakan sebuah peluang.

2. Sukses tidak datang dalam satu malam. Jadi Anda mesti tekun dan ulet. Mengharap sukses dalam waktu singkat dan kemudian tidak tahan banting, menyebabkan Anda akan gagal.

3. Kendalikan cash flow dengan baik. Anda jangan sampai kehabisan uang akibat banyak menjual namun uangnya tidak ada, entah yang beli berutang atau Anda menggunakan uang dengan sembrono.

 

Tanyakan pada dirimu:

1. Siapa yang akan membeli produk atau jasa Anda?
2. Apakah Anda mempunyai rencana bisnis jika penjualan tidak mencapai ekspektasi?
3. Apakah Anda mempunyai cash flow untuk cadangan saat sedang mengalami penurunan penjualan?

Apa yang membuat Usaha Anda Unik?

Dengan membuat usaha yang unik, Anda membuat market baru tanpa ada kompetitor yang sama. Dengan merencanakan strategi marketing yang unik juga akan membantu usaha Anda.

Membuat strategi marketing yang unik:

1. Berikan tiga keuntungan yang dapat diberikan saat membeli produk atau jasa Anda.
2. Apakah keuntungan tersebut bersifat unik dan membuat produk atau jasa Anda memiliki nilai lebih di mata konsumen dibandingkan kompetitor lain.
3. Buat berbagai cara untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda di berbagai media dengan lebih menarik. Buatlah prespektif atau bangun presepsi akan produk Anda melalui promosi yang unik.