Menunjukan Integritas dalam Keseharian.

Sumber foto: http://michelewoodward.com

Sumber foto: http://michelewoodward.com

Selain karakter yang lebih krusial bagi orang yang hendak terjun ke dunia wirausaha yaitu Integritas. Memiliki integritas berarti mampu membuktikan dirinya layak dipercaya. Kepercayaan hanya akan diperoleh ketika seseorang memiliki karakter yang kokoh dan mampu menunjukan kualitas integritas dalam kesehariaannya. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menunjukan kualitas integritas dalam keseharian:


1. Bangun konsistensi karakter. Kepercayaan yang kuat dapat dikembangkan ketika orang-orang dapat mempercayai Anda setiap waktu. Jika mereka tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan dari waktu ke waktu maka hubungan yang terjalin tidak akan kuat dan tidak akan sampai pada tahap kepercayaan.
2. Gunakan komunikasi yang jujur. Untuk dapat layak dipercaya seseorang harus berlaku jujur , ucapan dan tindakan kita harus selaras bagaikan seorang komposer musik yang andal dengan menyelaraskan lirik dengan musik.
3. Nilai keterbukaan. Orang cenderung mencari kelemahan orang lain, walaupun kelamahan tersebut telah berusaha untuk ditutup-tutupi. Namun jika Anda jujur dan mengakui kelemahan Anda, orang akan menghargai kejujuran dan integritas Anda serta membawa pada eratnya hubungan yang terjalin.
4. Tunjukan kerendahan hati. Orang tidak akan mempercayai Anda jika Anda dikendalikan oleh ego, rasa iri, dan kesombongan bahwa Anda lebih baik dari mereka.
5. Tunjukan dukungan Anda pada orang lain. Karakter Anda akan tumbuh seiring keinginan Anda untuk mengutamakan orang lain, seperti perkataan Zig Ziglar bahwa menolong orang lain untuk sukses, juga akan membawa Anda pada kesuksesan.
6. Penuhi janji Anda. Jangan pernah menjanjikan hal yang tidak dapat Anda penuhi. Lakukan apa yang pernah Anda katakan pada orang lain. Kepercayaan akan hilang ketika Anda gagal berkomitmen.
7. Miliki sifat pelayanan. Kita berada di dunia untuk melayani, bukan dilayani. Berikan perhatian dan waktu Anda untuk menunjukan bahwa Anda peduli pada orang lain. Orang yang memiliki integritas adalah mereka yang memberi bukan menerima.