5 Tingkatan Entrepreneurship

Sumber Foto: http://www.actioncoachtampabay.com

Sumber Foto: http://www.actioncoachtampabay.com

Pernahkah Anda mendengar bahwa untuk menjadi Entrepreneur kita harus menguasai 5 tingkatan Entrepreneurship? Saat Anda mendengar kata "Entrepreneur" banyak orang berpendapat bahwa artinya adalah seorang pemilik perusahaan. Namun ternyata pemiliki perusahaan sendiri merupakan tingkat / level ketiga dari 5 tingkatan Entreprenuership.
Entrepreneur sejati mampu menciptakan kekayaan dengan atau tanpa memiliki sebuah perusahaan. Namun tentunya membutuhkan waktu dan proses untuk menjadi seorang Entrepreneur sejati. Berikut adalah 5 tingkatan Entrepreneurship tersebut.

Tingkat 1 adalah self employment.
Level pertama sebagai entrepreneur ditandai dengan mempekerjakan diri sendiri. Semua pekerjaan di-handle sendiri. Mereka berprinsip : Jika bisa diselesaikan sendiri buat apa dibantu orang lain.

Tingkat 2 adalah manajer.
Sekarang sudah mulai memiliki beberapa karyawan, pekerjaan sudah mulai didelegasikan dan sistem pun mulai dirintis. Sebagian besar pebisnis di Indonesia berada pada level 2 ini. Alasannya karena ingin terus terlibat dengan bisnisnya, ada ikatan emosional, belum bisa mempercayai bawahan dan masih banyak lagi.

Tingkat 3 adalah pemilik perusahaan.
Pada tingkat ini Anda sudah bisa bersantai, karena semua pekerjaan sudah ada yang mengerjakan. Bisnis Anda memiliki sistem yang berjalan baik. Memiliki General Manager (GM) dan tim kerja yang bagus. Sudah tidak “menghasilkan uang”, tetapi “menerima LABA”. Tugas menghasilkan uang adalah tanggung jawab GM dan seluruh bawahannya.

Tingkat 4 adalah investor.
Jika pada level sebelumnya kita masih fokus menjual barang dan jasa, maka pada level ini kita sudah melakukan JUAL BELI BISNIS. Prinsipnya adalah : Beli Bisnis, Kembangkan, Jual. Menghasilkan uang dengan uang. Fokus menggalang dana dari investor lain, setelah terkumpul banyak maka akan kita belikan sebuah perusahaan. Pada saat perusahaan tersebut berkembang pesat dan semua persyaratannya terpenuhi, maka JUAL KEMBALI. Keuntungan yang didapat bisa jadi sangat besar hingga ratusan kali dari modal awal yang kita keluarkan.

Tingkat terakhir dari kelima tingkat tersebut adalah Entrepreneur.
Membangun bisnis yang dapat dijual ke publik. Pengusaha kelas dunia seperti Bill Gates dengan Microsoftnya dan Mack Zuckerberg dengan Facebooknya, memperoleh kekayaan super besar bukan karena menjual produk namun mereka memperolehnya dari menjual perusahaan (saham) kepada masyarakat.
Mindset : “Menciptakan sesuatu dari ketiadaan”. Pendapatan terbesar kita adalah dari nilai perusahaan yang terus tumbuh, bukan hanya dilihat dari penjualan dan laba yang didapat.