Bingung mencari Gagasan Usaha? Buat Daftar Peluang.

Seorang Entrepreneur seharusnya membiasakan diri membuat daftar peluang untuk menginventaris dan mendapatkan ide-ide baru dalam menciptakan gagasan usaha. Untuk meraih kemajuan seseorang harus secara konstan mengadakan penambahan dan peninjauan ulang. Berikut adalah teknik yang digunakan untuk meninjau kembali sebuah peluang:

Transient
  • Mendesain ulang produk atau jasa dengan menggunakan metodologi pemetaan
  • Mendiferensiasi ulang produk atau jasa dengan menggunakan ananlisis rantai konsumsi dan proses yang unik.
  • Segmentasi ulang pasar dengan segmentasi perilaku
  • Membuat konfigurasi pasar yang baru dengan merubah batas-batas yang tidak menggeser pasar yang telah ada.
  • Mengembangkan terobosan dalam kompetensi dan area kekuatan persaingan

Setelah memiliki cara untuk meninjau peluang diharapkan para Entrepreneur dapat lebih mudah dalam membuat daftar peluang. McGrath dan MacMillan(2000) memberikan panduan yang berbeda untuk membuat sebuah daftar peluang sederhana, dengan menggunakan beberapa area untuk membedakan karakteristik sebuah gagasan usaha:

Area 1: Konsep Bisnis. Merupakan gambaran singkat dari ide-ide yang akan dimasukan dalam daftar.
Area 2. Tren. Kecenderungan atau arah gejala bisnis yang akan digunakan untuk mengantisipasi konsep-konsep yang potensial, menarik dan mungkin diterapkan.
Area 3. Data Kunci. Adalah catatan khusus dari peluang dengan menurunkan konsep menjadi sejumlah perhitungan ekonomi.
Area 4. Penghalang dan Rintangan. Perhatikan apa yang menghentikan Anda atau membuat peluang terlepas dari genggaman Anda. Apakah masalah teknologi, pasar, peraturan daerah, atau kebijakan perushaan.
Area 5. Posisi Perusahaan. Anda harus mencatat keunggulan khusus, keahlian atau sumber daya lain yang membuat konsep bisnis istimewa dan dapat dipertahankan.
Area 6. Kompetisi. Perhatikan pesaing yang relevan dan respon mereka terhadap ide-ide Anda karena peluang yang menarik juga akan menarik datangnya sejumlah kompetitor.
Area 7. Sumber Daya. Catat segala sumber daya dimana semua informasi dapat diperoleh dan dipergunakan kembali untuk penyesuaian bisnis.
Area 8. Tipe. Tentukan tipe peluang apa yang Anda kejar. Apakah tipe build (lingkungan dan kompetitif baru) atau transform (dibuat dari modifikasi lingkungan bisnis dan kompetisi yang sudah ada).
Area 9. Penetapan Waktu. Pertimbangkan waktu, posisi dan konsdisi yang dapat menjadi batu loncatan bisnis Anda.