Kenali 3 Kelompok Penyebab Kegagalan

Sumber Foto: http://www.weidert.com/

Sumber Foto: http://www.weidert.com/

Pada saat kita sudah mempersiapkan startup bisnis kita, terkadang masih timbul perasaan was-was dan ragu, suatu hal yang umum bagi setiap Entrepreneur. Alangkah baiknya sebelum kita melangkah, kita memahami mengapa dan kapan suatu usaha mengalami kegagalan. Karakaya dan Kobu (1994) mengidentifikasi tiga kelompok penyebab kegagalan sebuah startup, yaitu:

Kelompok pertama, kelompok yang berkaitan dengan produk dan pasar, antara lain:
a. Timing Launching atau waktu peluncuran yang kurang tepat.
b. Desain produk yang tidak dengan mudah dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar.
c. Strategi distribusi yang tidak tepat.
d. Tidak mampu mendefinisikan usaha yang sedang dijalankan, seperti apakah saya membuka bisnis restoran atau berbisnis menyediakan masakan lezat?

Kelompok kedua berkaitan dengan masalah finansial:
a. Terlalu rendah memperhitungkan kebutuhan dana, dapat menyebabkan setelah bisnis kita berjalan, kita mengalami kesulitan dana.
b. Terlalu dini berutang dalam jumlah besar. Utang yang besar tanpa ditutup dengan penghasilan reguler yang memadai akan menjerumuskan kita pada kehancuran, karena bunga pinjaman yang secara rutin harus dibayarkan apa pun kondisi bisnis kita.

Kelompok yang ketiga adalah yang berkaitan dengan manajemen yaitu:
a. Menjalankan bisnis terlalu Nepotisme.
b. Sumber daya manusia yang lemah.
c. Tidak menggunakan konsep tim.

Jika calon Entrepreneur dapat memahami hal-hal tersebut, maka diharapkan pada saat mulai menjalankan bisnis telah dapat mengantisipasi penyebab-penyebab kegagalan ini.