Man, Money, Machine, Material and Managerial

Sumber Foto:http://t2.ftcdn.net

Sumber Foto:http://t2.ftcdn.net

Untuk menghasilkan sebuah output produk yang baik, diperlukan input yang baik pula. Faktor input atau faktor produksi sangat mempengaruhi akan hasil yang kita jadikan sumber bisnis kita. Mengenali dan mengerti akan faktor produksi ini juga mampu mengatasi resiko faktor produksi merupakan kunci untuk membuat kualitas produk yang lebih baik dari kompetitor. Para Entrepreneur sering menyebut faktor produksi ini dengan 5M; Man, Money, Machine, Material dan Managerial.

1. Man atau Tenaga Kerja, mengacu pada orang-orang yang bekerja untuk bisnis, dari manajer sampai supervisor, wiraniaga, buruh pabrik, dan karyawan lainnya.

2. Money atau Modal, merupakan dana yang diperlukan untuk membiayai operasi bisnis. Investasi oleh pemilik atau pemegang saham, pinjaman bank atau keuntungan yang ditahan perusahaan digunakan untuk membeli bahan baku, menggaji pegawai, membeli mesin dan membangun pabrik baru.

3. Material, mengacu pada bahan baku yang digunakan dalam proses produksi. Dapat berupa Sumber Daya Alam, seperti tanah pertanian atau dalam konteks industri seperti bahan mentah dan komponen lain yang langsung diolah dalam proses manufaktur.

4. Machine atau Mesin, juga merupakan material namun disebut material tidak langsung karena tidak diolah namun digunakan untuk mengolah. Contohnya seperti bangunan pabrik, perlengkapan produksi dan mesin manufakturing.

5. Yang terakhir adalah Managerial. Mengacu pada Entrepreneurship yang dikembangkan oleh pemilik perusahaan, seperti pengambilan keputusan resiko dan cara pengelolaan bisnis. Entrepreneur dapat mengelola perusahaan langsung atau  ia mempekerjakan manajer-manajer untuk mengoperasikan bisnis atas namanya.