Teknik melakukan Survey Pasar by UC Onliner Ammur

Sumber Foto: http://www.crdsglobal.com/ 

Sumber Foto: http://www.crdsglobal.com/ 

Inovasi baru atau produk yang telah dimodifikasi sesuai kreatifitas belum tentu dapat diterima oleh pasar. Salah satu diskusi Forum UCEO membahas bagaimana melakukan Survey Pasar dengan baik. Berikut adalah gambaran yang dijelaskan oleh UC Onliner Ammur.

Ada berbagai macam cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan Survey Pasar. Secara waktu produksi, kita dapat membagi survey menjadi 2 bagian.

Sebelum Produksi

  • Dapat melakukan wawancara untuk menggali kebutuhan dan keinginan orang. Pertanyaan mungkin dapat dibuat yg berkaitan dengan produk yang akan kita buat.
  • Dapat melakukan survey melalui quesioner.
    Target respondennya bisa langsung yang target market yang disasar (misalnya dari segi usia, dari segi lifestyle, dari segi jenis pekerjaan dll), bisa juga target dalam lingkaran yang lebih luas (umum).
  • Data survey dianalisa <--- kembali ke statistik. Tujuan survey mengetahui apakah memang masyarakat butuh produk yang akan kita buat? apakah mereka memiliki motivasi kuat untuk membeli produk baru kita?

Pasca Produksi

  • Sebar produk tester dan minta mereka diwawancara
  • Sebar produk tester dan minta mereka mengisi quosioner
  • Gunakan produk kita sendiri dan dengar apa kata orang ketika kita memakai produk kita. Kita minta salah seorang pengguna produk kita untuk membuat survey secara tak langsung / berbincang-bincang mengkomunikasikan produk anda kepada teman2nya dan minta dia mencatat apa dan bagaimana pendapat mereka.