5 Alasan Mengapa Entrepreneur Malas Membuat Perencanaan

Kita mengetahui bahwa sebuah startup bisnis sangat bergantung pada sisi ekonomi, inovasi, tenaga kerja dan sales penjualan. Sebuah perencanaan yang efektif akan sangat membantu bisnis kita untuk berjalan dan berkembang. Perencanan yang efektif tidak hanya dibuat sebelum usaha kita belum berjalan tetapi juga dapat dibuat dalam penyesuaian dalam pengambilan keputusan seiring perusahaan tersebut berkembang. Namun Robinson dan Perce II menemukan bahwa masih banyak entrepreneur yang enggan membuat perencanaan dengan berbagai alasan seperti berikut: 

Sumber Foto:http://maxcdn.fooyoh.com

Sumber Foto:http://maxcdn.fooyoh.com

1. Keterbatasan waktu. Proses manajemen yang kurang baik selalu diawali dengan alasan mereka tidak mempunyai waktu yang cukup dan sulit mengalokasikan waktu mereka bahkan saat menghadapi masalah operasional sehari-hari.

2. Kurangnya pengetahuan. Baik pengetahuan mengenai proses perencanaan dan urutannya, maupun sumber informasi dan bagaimana penggunaannya.

3. Kurangnya keterampilan. Para entrepreneur biasanya kurang spesialis pada perencanaan yang diperlukan pada sektor tertentu. Berpikiran general dan menganggap perencanaan akan selalu berjalan tanpa memiliki cadangan rencana juga dapat berakibat buruk pada pengambilan keputusan di masa depan.

4. Kurangnya kepercayaan dan keterbukaan pada rekan kerja. Tidak ingin melibatkan pihak lain untuk  menyusun dan memformulasikan rencana juga dapat menjadi hambatan.

5. Adanya anggapan bahwa perencanaan itu tinggi biayanya sehingga entrepreneur cenderung menghindari perencanaan.