4 Kebiasaan Baik Penghilang Stress dalam Bekerja

S

S

Kebiasaan Baik No.1 : Singkirkan Semua Kertas dari Meja Anda kecuali yang sedang Dikerjakan.

Sebagian besar orang akan lebih mudah dan cermat mengerjakan pekerjaannya jika tumpukan kertas yang menggunung di depan mejanya dibersihkan terlebih dahulu, dan hanya mengambil lembar yang sedang dikerjakan. Hal ini oleh Rolland L.William, direktur utama Chicago & Northwestern Railway, menyebutnya sebagai penatarumahtanggaan yang baik dan langkah pertama menuju efisiensi. 

Melihat meja yang penuh dengan tumpukan surat, laporan, dan memo yang tidak diperlukan dapat menimbulkan ketegangan, kerancuan dan kecemasan. Bahkan jika kita terus menerus teringat akan banyaknya pekerjaan akan membuat kesuntukan dan kelelahan sebelum kita bisa mengerjakannya secara satu-persatu. 

Charles Evans Hughes, mantan hakim agung di Mahkamah Agung Amerika Serikat mengatakan, "Orang tidak meninggal karena kebanyakan pekerjaan. Mereka meninggal karena kecemasan dan penghambur-hamburan tenaga dalam berpikir. Kecemasan mereka akan tidak pernah dapat merampungkan pekerjaan."

Kebiasaan Baik No.2 : Kerjakan Hal-Hal Menurut Urutan Kepentingan.

Charles Luckman, pemuda yang mulai dari nol dan dalam dua belas tahun menanjak menjadi direktur Pepsodent dengan pendapatan jutaan dolar. Charles mengatakan " Saya sudah bangun pukul lima pagi karena saya dapat berpikir lebih jernih pada waktu itu dibanding waktu-waktu lainnya, dengan begitu saya bisa merencanakan bagaimana saya harus mengisi hari saya dan merencanakannya sesuai urutan kepentingannya." Dari pengalaman saya tahu bahwa orang tidak selalu dapat mengerjakan hal-hal menurut urutan kepentingannya. Tetapi, saya juga tahu bahwa membuat semacam rencana untuk bekerja sesuai urutannya pasti akan lebih baik dari sekedar berimprovisasi sambil jalan.

Kebiasaan Baik No.3 : Kalau ada masalah, Segera Putuskan berdasar Fakta. Jangan Menunda Keputusan.

Pertemuan atau rapat yang terlalu bertele-tele dengan banyaknya bahasan yang dibawa ke dalam rapat sering kali menghasilkan sedikit keputusan. Bahkan mungkin laporan pertemuan akan dibawa pulang untuk dipelajari lebih lanjut dan dilanjutkan pada hari berikutnya. Akan lebih baik jika pada suatu pertemuan membicarakan satu permasalahan dan segera mengambil keputusan, tidak ada lagi penundaan. Kekhawatiran akan pekerjaan yang tak terselesaikan akhirnya hilang.

Kebiasaan Baik No.4 : Belajar Mengorganisir, Mendelegasikan dan Menyelia

 Ternyata banyak juga Entrepreneur yang mengalami stress karena mereka tidak pernah belajar mendelegasikan tugas atau tanggung jawabnya kepada rekan kerja atau orang lain. Tetap mengerjakan sendiri segala sesuatu sendiri dapat menghasilkan pekerjaan yang rancu dan hasil yang tidak sesuai dengan tenggat waktu. Perasaan terburu-buru dan tegang membuat para Entrepreneur mengalami stress berat pada pekerjaannya. Karenanya, meskipun sulit, kita harus bisa belajar mengorganisasikan, mendelegasikan dan menyelia pekerjaan kita pada orang lain agar terhindar dari perasaan cemas tersebut.