Pemanfaatan Internet bagi Entrepreneur

Sumber Foto: http://4.bp.blogspot.com/

Meskipun keterlibatan e-commerce masih rendah dalam dunia entrepreneurship namun untuk ke depan masih terbuka peluang yang semakin terlihat. Terlihat bahwa meskipun tidak semua perusahaan memiliki e-commerce namun sudah banyak yang memiliki homepage atau web profile sendiri. Pertanyaan yang terlintas adalah apakah perlu bagi entrepreneur mengeluarkan banyak dana untuk investasi teknologi yang semakin rumit tersebut? Dr. Onno W.Purbo (www.kompas.com 2001) menjawab dengan tegas dengan kata Tidak. Hanya dengan beberapa ribu rupiah saja kita sudah dapat memanfaatkan internet untuk berbisnis. Saat ini biaya akses internet cukup murah, area hotspot free wifi pun sudah banyak tersedia. Dengan adanya akses internet kita sebagai Entrepreneur dapat memanfaatkannya sebagai berikut;

1. Untuk berkorespondensi dengan mitra usaha dari kota atau bahkan negara lain dengan cepat. Melalui email, surat kita bisa terkirim dengan sekejap mata tanpa biaya pengiriman. Melalui chatting, seorang Entrepreneur bisa bernegoisasi dengan konsumen atau mitranya tanpa harus bertemu langsung.
2. Untuk berdiskusi dengan sesama Entrepreneur. Sekarang telah banyak mailing list, forum bahkan portal edukasi seperti UCEO yang menyediakan tempat maya berkumpulnya para Entrepreneur dari seluruh daerah bahkan dari manca negara. Melalui forum diskusi, para Entrepreneur dapat memberikan komentar dan bahkan memberikan saran kepada Entrepreneur lain untuk membuat inovasi baru dalam berbagai bisnis yang digeluti.
3. Sebagai media promosi. Melalui internet, kita dapat membuat homepage agar dapat dikenal atau mudah dicari oleh konsumen. Sebagai contoh konsumen yang tidak sempat datang ke toko komputer dapat memesan secara online melalui www.bhineka.com. Seorang penerbit buku dapat memajang buku-bukunya di ebay.com sehingga orang dari seluruh dunia dapat membeli bukunya tersebut. Untuk beberapa website kini juga telah tersedia fasilitas pasang iklan gratis.