CEO Terbaik Tahun 2013 Versi BBC

Sumber Foto:http://cdn.theatlantic.com

Sumber Foto:http://cdn.theatlantic.com

CEO terbaik tahun 2013 versi BBC adalah pendiri dan pemimpin dari Amazon.com , Jeff Bezos.

Perusahaan ini dianggap paling berkembang dengan penuh inovasi, fokus pada pelayanan pelanggan dan mampu menambah target pasar hingga 50 % di tahun 2013.

Inovasi dari Bezos yang tiada berkesudahan merupakan bukti kehebatannya sebagai CEO. Berawal dari hanya menjual buku hingga sekarang hampir semua barang dapat dijual di Amazon, menciptakan produk dan pelayanan baru seperti Kindle,Amazon Prime, Original Content Creation, Cloud Bussiness dan ratusan operasi E-Commerce.

Bezos tidak takut bereksperimen dan terlebih mau mengakuisisi perusahaan yang hampir jatuh untuk dapat bangkit dan semakin besar bersama Amazon. Bagai memiliki indera keenam, ia mampu melihat celah kekurangan dalam badan perusahaannya yang kedepannya dapat merugikan dan menggunakan tren pasar untuk meningkatkan pendapatan perusahaannya. Contoh tren pasar tersebut adalah perusahaan retail pakaian. Bezos membangun perusahaan raksasa yang sama gesitnya seperti perusahaan start-up.

Bezos, seperti yang diceritakan dalam BBC News, adalah CEO yang paling tidak biasa seperti pemimpin bisnis yang lain. Ia menggabungkan bagian entrepreneurship dengan sebagian persaingan pedas dan melakukan eksekusi bisnis seperti McKinsey. Inovasi terbaru dari Amazon adalah pengiriman paket langsung kedepan rumah melalui drone atau robot heli yang disebut Amazon Prime Air. Meskipun Prime Air mengalami kendala perizinan dalam peraturan pemerintah bagian untuk izin distribusi udara, namun Bezos menemukan cara agar niatnya dapat berhasil dipenuhi seperti menunda pembayaran pajak untuk penjualan barang secara online.

Perusahaan yang sudah menjadi raksasa biasanya berkembang sangat lambat dan penuh dengan kerentanan namun Bezos mampu membangun Amazon lebih cepat dan lebih cerdas daipada perusahaan raksasa lainnya.