Kenali Terlebih Dahulu tentang Perseroan Terbatas (PT)

Perseroan Terbatas atau disingkat PT merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar seluruhnya terbagi dalam saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang PT. Biasanya ijin pendirian PT akan diberikan sepanjang PT tersebut tidak bertentangan dengan undang-undang ketertiban umum dan kesusilaan yang ada (Lengkapnya UU No. 1 1999 tentang PT). Badan hukum ini sudah sangat populer di Indonesia, biasanya digunakan oleh perusahaan yang sudah Go Public seperti PT. Telkom, PT. Danamon dan seterusnya. Beberapa kelebihan dan kekurangan dari bentuk Perseroan Terbatas adalah sebagai berikut ;

Kelebihan dari PT

1. Adanya tanggung jawab atas hutang yang terbatas, terbatas atas jumlah saham yang dimiliki.
2. Adanya kemungkinan untuk memperjualbelikan saham yang dimiliki.
3. Umumnya memiliki jangka waktu operasi yang tidak terbatas.
4. relatif lebih mudah untuk memperoleh pinjaman dengan nilai nominal yang besar dengan jangka waktu panjang dan tingkat bunga rendah.
5. Adanya kemungkinan untuk alih teknologi dan ilmu dimana para pemegang saham dengan mudah menyewa tenaga profesional untuk menjalankan perusahaannya.

Kekurangan dari PT

1. Keterbatasan dalam jenis-jenis bidang usaha yang dijalankan. Umumnya bidang usaha yang dijalankan oleh PT ditentukan oleh ijin yang dikeluarkan serta peraturan yang berlaku.
2. Adanya perbedaan kepentingan di dalam menjalankan PT. Terkadang pemilik saham minoritas dikalahkan oleh kepentingan pemilik saham mayoritas.
3. Adanya kewajiban-kewajiban untuk membuat laporan ke berbagai pihak.
4. Biaya yang tidak sedikit untuk mendirikan suatu PT dan bahkan ada biaya juga untuk menutup suatu PT.
5. Adanya sistem pajak yang menyebabkan seorang pemegang saham membayar pajak ganda dimana pajak atas PT itu sendiri dan pajak individu dari dividen yang diterima.

Sumber Foto:http://img.docstoccdn.com

Sumber Foto:http://img.docstoccdn.com