10 Halangan Menjadi Kreatif

Transient

Roger von Occh, salah satu pelatih kreativitas terkemuka yang mendapatkan Ph.D. dari Stanford University menyebutkan dalam bukunya yang berjudul "A Whack on the Side of the Heal " bahwa terdapat 10 halangan untuk menjadi kreatif yaitu:

1. Trying to Find the "Right" Answer
2. Logical Thinking
3. Following Rules
4. Being Practical
5. Play is Not Work
6. That's Not My Job
7. Being a "Serious" Person
8. Avoiding Ambiguity
9. Being Wrong is Bad
10. I'm Not Creative

Bila kita perhatikan baik-baik, sebagian besar dari kita atau anak-anak kita di sekolah maupun di rumah juga mengalami kesepuluh penghalang tersebut. Mari kita urai.

  1. Trying to Find the "Right" Answer: Temukan jawaban yang tepat! Siapa bilang untuk setiap persoalan hanya ada satu jawaban yang tepat.
  2. Logical Thinking: Pakai akal sehatmu! Tidak semua hal dalam kehidupan bisa diterangkan dengan logika.
  3. Following Rules: Ikuti aturan yang sudah ada! Ada aturan yang harus diikuti, ada yang harus diganti karena kadaluwarsa, dan ada yang harus dilanggar karena ternyata dulu salah.
  4. Being Practical: Langsung saja to the point, jangan mutar-mutar! Padahal peserta didik yang "berputar-putar" sedang melakukan eksplorasi lebih luas.
  5. Play is Not Work: Kok main terus! Siapa bilang tidak ada proses kreatif dalam bermain.
  6. That's Not My Job: Kerjakan saja apa yang jadi pekerjaanmu! Dia tertarik dengan pekerjaan temannya karena itu lebih memiliki tantangan kreatifitas dan cocok dengan talentanya.
  7. Being a "Serious" Person: Jangan bercanda ya! Bercanda memang harus ada tempatnya namun bukan berarti sama sekali tidak boleh. Dalam tertawa ide-ide segar keluar lebih lancar.
  8. Avoiding Ambiguity: Jangan cari yang repot, yang jelas-jelas saja! Entrepreneur akan selalu menghadapi ambiguitas. Bila sejak kecil tidak dibiasakan berani menghadapi ambiguitas akan sangat sukar untuk sukses dalam Entrepreneurship.
  9. Being Wrong is Bad: Kalau kamu salah akan dihukum! Kalah dan menang, gagal dan berhasil, memiliki nilai yang sama. Hukuman-hukuman untuk "kesalahan" secara berlebihan atau tidak ada toleransi terhadap kegagalan akan membuat jiwa muda takut gagal. Tidak ada orang yang takut gagal bisa berhasil hidupnya.
  10. I'm Not Creative: Kamu memang tidak kreatif! Ini adalah pelabelan yang sangat mahal biaya sosialnya. Seorang anak yang disuntikkan pesan tidak kreatif secara terus menerus akan menanggung akibatnya sampai akhir kehidupannya.