Prediksi Size Market [Forum PIAZZA]

Sebelum merealisasikan ide bisnis, penting bagi UC Onliner untuk melakukan survey pasar guna memprediksi size permintaan akan produk Anda. Berikut adalah kutipan dari diskusi di dalam Forum PIAZZA UCEO tentang bagaimana cara untuk memprediksi atau mengukur size sebuah market:

Untuk mengukur besarnya pasar, kita harus menentukan terlebih dahulu segmen pasar yang ditarget serta luasnya pasar. Misalnya, saya mau buka katering, tentu saja saya harus melihat kemampuan saya. Misalnya saya bisa menjangkau daerah radius 5 km dari tempat usaha saya. Target pasar saya adalah pabrik. Maka saya akan menghitung berapa banyak pabrik yang ada dalam radius tersebut.

Misalnya ada 50 pabrik dan masing-masing pabrik memiliki pekerja rata-rata 200 orang. Maka besarnya pasar adalah 50 x 200 = 10.000 orang. Kita asumsikan bahwa separuh dari para pekerja itu ingin berlangganan katering, maka ada 5000 orang. Ini adalah market size yang ada. Lalu perhatikan pesaing yang ada, misalnya sudah ada 5 pengusaha katering. Setiap pengusaha katering, rata-rata hanya mampu melayani 500 pelanggan. Maka dari size market 5000 orang, kompetitor hanya bisa melayani 2500 orang. Masih ada 2500 orang lainnya yang belum terlayani. Jadi masih ada peluang.

Tapi kalau misalnya tiap-tiap pengusaha katering bisa melayani 2000 pelanggan, sementara sudah ada 5 perusahaan katering, maka pasarnya sudah diperebutkan banyak pihak. Ini akan menyulitkan untuk menembus pasar itu. Harus ada keunggulan atau biasanya akhirnya banting harga dan menurunkan kualitas. Ini tidak baik untuk kelanggengan usaha di jangka panjang.

Salam entrepreneur!