Sering Membaca bikin Tambah Kreatif

Transient

Intisari-Online.com - Senang membaca karya sastra? Peneliti dari University of Toronto menemukan bahwa mereka yang rajin membaca cerita pendek mampu lebih fleksibel dalam berpikir serta bisa menghadapi ketidakpastian dalam hidup. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mereka yang senang membaca juga lebih kreatif dan tidak emosional.

Profesor Maja Djikic, pemimpin penelitian ini, juga mengungkapkan bahwa mereka yang senang membaca lebih terbuka dalam berpikir serta nyaman dengan keraguan dalam hidup. Dalam penelitian ini 100 responden diteliti dan dibagi dua grup. Satu grup memiliki karya sastra yang sudah diseleksi dan kelompok kedua membaca esai faktual.

Setelah membaca, responden harus menjawab pertanyaan atas berbagai hal yang berhubungan dengan psikologi yang kemudian akan diukur. Setelah membaca cerita pendek, bisa disimpulkan bahwa responden nyaman dengan ambiguitas dibandingkan dengan responden lain yang membaca esai faktual.

Semakin sering membaca, kita bisa menyimulasikan cara berpikir karakter yang ada di dalamnya walau karakter itu tidak ia sukai. Hal ini bisa membuka pikiran, menurut penelitian ini. Belum ada penelitian seberapa lama pikiran terbuka ini akan berlangsung tetapi peneliti beranggapan semakin sering membaca, maka kita akan semakin terbuka dan kreatif.