Angel Investor

Transient

Angel Investor adalah seseorang atau sekelompok orang yang berani mengambil risiko finansial dengan cara mendanai bisnis baru yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi namun masih dalam tahap awal. Sebagai imbalan dari dana dan keterlibatannya, maka Angel Investor mendapat bagian saham kepemilikan dari penggagas bisnis. Kehadiran Angel Investor menjadi jembatan sebelum pendanaan  melalui modal ventura yang cenderung lebih formal namun mampu memiliki pendanaan lebih besar.

Keterlibatan Angel Investor dalam bisnis dapat beragam, mulai pasif sampai aktif. Mereka ikut serta mengelola bisnis sampai rinci juga memberikan kontribusi positif terhadap penciptaan bisnis yang baru.

Sebagai contoh, perusahaan The Body Shop pertama kali berdiri dengan bantuan seorang Angel Investor yang menanamkan uangnya sebesar 4000 Poundsterling. Namun sekarang nilai perusahaan mencapai 140 juta Poundsterling. Di Amerika, pada tahun 2007 rata-rata dana yang ditanamkan di satu perusahaan oleh para Angel Investor adalah 450 ribu USD. Jenis usaha yang menjadi pilihan adalah Software 27%, Healthcare Srevice & Medical Device 19%, Biotech 12%. Sisanya terbagi rata di industri lain.