Enterpreneur yang Berwawasan

Liliek Gunawan ;

"Bagaimana caranya kita bisa memiliki wawasan ataupun memprediksi kondisi pada masa yang akan datang, seperti misalnya kondisi ekonomi yang terjadi saat ini, untuk enterpreneur pemula pasti kuatir apa akan terus berusaha, atau apa yang harus dilakukan untuk bisa mengikuti gejolak perekonomian yang terjadi sehingga kita tetap bisa untung dalam situasi ekonomi yang masih bergejolak ini? apa yang harus kita latih untuk dapat memiliki wawasan yang baik? terima kasih."

Wawasan yang baik perlu didukung dengan kreativitas dan sikap yang mendukung. Ini adalah soal kebiasaan, jadi bukan hanya dilatih namun harus sering dilakukan. Banyakah membaca berita bisnis untuk mengetahui trend, serta mengikuti pembicaraan di media dari pelaku bisnis akan bisa menambah wawasan kita.

Untuk sikap, kita perlu membiasakan diri untuk tidak mengeluh dengan kondisi yang ada, melainkan bagaimana secara kreatif bisa berpikir positif bahkan melihat ada peluang di balik situasi sulit yang ada. Di setiap masalah pasti ada peluang. Kita harus bisa menyikapinya dengan berpikir, apa yang bisa kita lakukan pada situasi tersebut. Untuk itu, satu hal yang harus dan penting dilakukan adalah menambah jaringan/teman, tentunya orang-orang yang bisa membantu kita untuk menjadi makin sukses. Kita akan sulit dan butuh waktu yang lama untuk sukses jika hanya berjalan sendiri. Perbanyak teman, relasi dan jagalah reputasi Anda agar dipercaya banyak orang. Untuk itulah pentingnya integritas, profesionalisme dalam berbisnis dan entrepreneurship.

Salam entrepreneur dan sukses!