Entrepreneurial Effectuation by Saras D. Sarasvathy

Efektuasi adalah seperangkat prinsip-prinsip pengambilan keputusan yang dilakukan oleh entrepreneur dalam menghadapi situasi tidak pasti. Sebuah logika yang dapat digunakan baik para Entrepreneur pemula maupun yang sudah berpengalaman dalam tahap memulai bisnis yang sangat sulit diprediksi untuk mengurangi biaya kegagalan dari seorang entrepreneur.

Ada sebuah prinsip yang dikembangkan oleh profesor Saras D. Sarasvathy tentang teori     Efektuasi, seperti kita bisa lihat dalam grafik di bawah ini. 

Transient

Teori efektuasi ini     punya lima prinsip. Salah satu prinsip yang paling utama adalah apa yang kita punya,     karena Entrepreneur berangkat dari apa yang dia miliki, siapa dia, dan apa yang bisa     dia lakukan. Tapi mengapa ada orang yang merasa bisa melakukan tapi tidak mau melakukan?     Ya, karena masalah resiko ini. Nah, Profesor Saras D. Sarasvathy mengatakan bahwa     Entrepreneur yang sukses itu melakukan usahanya dengan sistem Affordable Loss.     Artinya, dia tahu apa yang dia lakukan atau dia keluarkan, baik itu modal, baik itu     tenaga, pikiran, itu dia siap menanggung kerugiannya.