Bagaimana Meningkatkan Rasa Percaya Diri?

Transient

Kehidupan di kota besar yang padat menimbulkan rasa takut, stres dan cemas yang ternyata dapat juga menurunkan sistem imunisasi tubuh dan merusak pola hidup sehat. Salah satu senjata untuk mengatasi itu adalah rasa percaya diri. Sebab rasa percaya diri bisa membantu kerja sistem imunitas. Hasilnya seseorang menjadi jarang sakit dan hidup lebih sehat.

Lalu, bagaimana supaya bisa lebih percaya diri? Untuk meningkatkan rasa percaya diri beberapa ahli menyarankan cara sebagai berikut:

  1. Buat Daftar Kemampuan.

    Hal ini sangat penting untuk mengenali diri sendiri. Seberapa jauh Anda bisa melakukan kontribusi. Kita harus mempunyai kebanggaan dan kecintaan pada diri snediri. Dari hal tersebut Anda bisa meningkatkan kepercayaan diri.

  2. Cari Permasalahannya.

    Jika mendapat masalah, lebih baik fokuskan untuk mencari jalan penyelesaiannya daripada berputar-putar dalam masalah. Carilah sebab-sebab Anda merasa rendah diri, kemudian berpikir lebih kreatif untuk memperbaikinya.

  3. Berkomunikasi dengan Diri Sendiri.

    Cobalah berbicara pada diri Anda apa yang Anda rasakan dan cobalah untuk melihat sesuatu dengan cara berbeda.

  4. Rajin Memberi.

    Rajin memberi bukan berarti apapun Anda berikan kepada siapa saja. Maksudnya disini adalah Anda bisa memberikan waktu untuk membantu jika seseorang membutuhkan pertolongan.

  5. Jangan Takut Tanggung Resiko.

    Buatlah daftar apa yang ingin sekali Anda lakukan. Bernyanyi? Melukis? Belajar bahasa baru? Ceritakan keinginan tersebut kemudian segera lakukan.

  6. Merawat Diri.

    Tidak ada salahnya jika Anda rajin merawat diri. Saat ini sudah banyak tempat perawatan diri yang disediakan baik untuk wanita maupun kaum lelaki. Di sana Anda akan bisa mengenal banyak orang dan hal itu menambah kepercayaan diri.