Identifikasi Jenis Entrepreneur

Beberapa hari yang lalu, terdapat diskusi di dalam forum tentang apakah itu Redistributive Entrepreneur. Mungkin banyak bagi Anda, para pembaca, masih awam dengan salah satu dari empat jenis Entrepreneur ini. Berikut merupakan identifikasi jenis Entrepreneur yang kami rangkum dari Forum UCEO bersama Instruktur UCEO.

Jenis Entrepreneur yang pertama ialah Necessity Entrepreneur.

  • Necessity Entrepreneur adalah orang yang menjadi entrepreneur dikarenakan terpaksa oleh keadaan (kalau bisa tidak jadi pengusaha).
  • Contoh, ada banyak orang yang memiliki usaha sendiri, namun misalnya ketika dia diterima jadi pegawai negeri atau dapat tawaran bekerja di perusahaan, maka dia lebih memilih jadi pegawai lalu meninggalkan usahanya.

Kedua ialah Replicative Entrepreneur.

  • Entrepreneur yang cenderung meniru bisnis yang sudah ada, biasanya karena dianggap sedang tren atau tengah naik daun sehingga rawan terhadap persaingan dan kejatuhan.
  • Contohnya di antara tren iPad, ia mendirikan sebuah usaha jual beli atau servis iPad.

Ketiga ialah Redistributive Entrepreneur.

  • Redistributive Entrepreneur menempatkan dirinya diantara pemilik proyek dengan pelaksana proyek (kontraktor). Ia dapat berada disana karena relasi atau hubungan kedekatan yang lain. Sesungguhnya Redistributive Entrepreneur tidak memiliki keahliaan teknis melaksanakan proyek sehingga kehadirannya hanya menimbulkan biaya tambahan bagi pelaksana proyek (kontraktor).

Terakhir yaitu Innovative Entrepreneur.

  • Innovative Entrepreneur, yaitu wirausaha inovatif yang terus berpikir kreatif dalam melihat peluang dan meningkatkannya. Inilah tipe entrepreneur yang paling puncak, karena inovasi merupakan inti utama dari entrepreneurship.