6 Cara Mudah Kembangkan Koneksi Bisnis Anda

Transient

Mencari dan menambah network atau koneksi bisnis menjadi skill yang vital bagi setiap entrepreneur. Pada tahun 2013 kemarin, Scoot Dinsmore membuat sebuah pengamatan dan mencatat ada 6 poin penting yang dilakukan kepada beberapa para konektor network terkenal. Berikut adalah 6 cara yang di tulis oleh Dinsmore yang ditulisnya juga dalam bukunya yang berjudul "How to Win Friends".

1. Tersenyum. Tersenyum adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk membuat orang lain merasa nyaman. Ekspresi wajah kita jauh lebih penting dibandingkan apa yang kita kenakan. Bahkan, salah satu program yang dilakukan oleh beberapa perusahaan besar menyuruh karyawan untuk tersenyum saat sedang menelepon customer mereka.

2. Berteman. Banyak pemilik warung makanan yang sukses dan memiliki banyak pelanggan dikarenakan mereka mencoba untuk berteman dengan siapa pun yang baru datang membeli di warung mereka. Dengan bertukar pikiran dan menerima saran dari pembeli, mereka menjadi dekat secara personal dan tanpa disadari telah menjadi pelanggan tetap mereka.

3. Memberi perhatian. Orang ingin bercerita tentang prestasi atau kejadian di sekeliling mereka dan berusahalah menjadi orang yang bersemangat untuk menanggapi cerita mereka. Saat kita memberi perhatian dan tanggapan positif akan cerita mereka maka mereka akan mulai hafal dan mencari tahu lebih akan siapa Anda.  

4. Lihat sebagai teman, bukan orang asing. Saat Anda masuk kedalam ruangan, pandang wajah baru sebagai seorang teman yang pernah anda kenal. Dinsmore mengibaratkan ketua partai Demokrat di negaranya yang bernama Jim Farley. Dimana pun Farley bertemu orang baru dan berkenalan, ia mengingat nama lengkap, kondisi keluarga dan pendapat politiknya. Sehingga secara sosial Farley mendapat banyak dukungan dari orang-orang yang baru ia temui.

5. Berkontribusi. Bertemu saja dengan seseorang sangatlah tidak berkesan, buat sebuah kontribusi dalam kehidupan mereka, atau membuat mereka lebih sukses dengan kontribusi yang kita berikan akan membuat mereka tidak akan melupakan kita.

6. Memulai percakapan. Mulailah sebuah percakapan dengan orang-orang yang berada disekeliling Anda. Setiap orang memiliki sesuatu yang dapat ditawarkan kepada Anda - baik orang yang berada di sebelah bangku pesawat Anda, atau orang yang berada di bangku taman yang Anda tempati sekarang. Memang tidak mudah membuka percakapan terutama dengan orang yang merasa introvet atau penyendiri, tetapi Anda tidak perlu akan pandangan tersebut. Setiap hal yang Anda takuti harus Anda lakukan sehingga setiap pengalaman yang nantinya berhasil dapat Anda rekam untuk dijadikan upaya di kejadian lain.