[ICONEE] Prof. Wong Poh Kam - Anda Harus Punya Entrepreneurial Spirit!

ICONEE adalah konferensi internasional pendidikan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Universitas Ciputra, menghadirkan lembaga Entrepreneur dan tokoh terkemuka yang ahli dan peduli pada institusi pendidikan kewirausahaan di Indonesia. Pada kesempatan ini UCEO mendapat kesempatan pula untuk mewawancarai salah satu pembicara sewaktu acara ICONEE berlangsung, Prof. Wong Poh Kam, Ph.D. National University of Singapore.

1.jpg

Dia adalah Professor di NUS Business School dimana Beliau mengajarkan kewirausahaan dan strategi inovasi dengan fokus khusus pada Asia. Dia juga adalah Profesor di Lee Kuan Yew School of Public Policy dan Fakultas Teknik di NUS. Beliau memperoleh gelar Ph.D. dari Massachusetts Institute of Technolgy (MIT) di Cambrige, Massachusetts, Amerika Serikat. Beliau juga mengunjugi Fullbright Scholar di U.C. Berkeley, menjadi visiting Scholar di Universitas Standford, menjadi dosen di Universitas Korea dan seorang Senior Sarjana di Universitas Oxford.

Pesan apa yang dapat Prof. Wong sampaikan kepada UC Onliner untuk menjadi seorang Enterprenuer?

Beliau mengatakan untuk para Entrepreneur, tidak terkecuali UC Onliner’s bahwa kita semua sudah berada di tempat yang benar dimana Universitas Ciputra telah memberikan pengajaran tentang Enterprenuership. Untuk menjadi seorang Enterprenuer dibutuhkan jiwa Enterprenuer. Beliau juga sangat senang karena di Universitas Ciputra sudah memiliki kurikulum tentang Enterprenuership sehingga dapat mengajarkan serta juga dapat belajar dari pengalaman orang-orang yang telah menjadi Enterpernuer. Beliau mengatakan bahwa untuk menjadi seorang Enterprenuer, perlu adanya proses belajar dari setiap Project Enterprenuer yang diberikan Universitas Ciputra. Untuk menjadi pemenang selain diperlukan inovasi yang terpenting ialah passion.

Bagaimana tantangan ini selaras dengan misi NUS Entrepeneur Centre?

Dalam program inkubasi, kami menyediakan siswa NUS dengan Inovasi SGD10,000 & Kewirausahaan Praktikum Grant untuk percontohan menguji ide-ide mereka. Kami juga mengelola hibah Pengusaha Muda Sosial Program SGD50,000 oleh Departemen Sosial dan Pembangunan Keluarga Singapura. Hibah ini berlaku untuk pengusaha pemula sosial berharap untuk membuat dampak di Singapura. Selain itu, kami tentu saja menyediakan layanan inkubasi yang meliputi bimbingan khusus, ruang kantor, layanan bersama (sekretaris perusahaan, akuntansi & PR), dan yang paling penting, akses ke jaringan internasional kami dari mentor, investor, akademisi dan korporat. Di dalam hal ini mempelajari Enterprenuer bisa juga dilakukan melalui media sosial dan juga melalui internet yang ada.

Mengapa Enterpreneurship sangat penting?

Tujuan utama kami adalah untuk meningkatkan kesadaran dan untuk mengkatalisis perkembangan ekosistem yang hidup untuk mendukung kewirausahaan sosial di Asia. Karena dengan melihat peluang yang ada, khususnya yang masih muda itu untuk bisa menjadi seorang Enterpreneur. Mencoba merubah mindset, dengan begitu kita akan berpikir semakin kedepan dan berusaha untuk membuat inovasi baru di dalam setiap usaha yang kita jalani. Meningkatkan Enterprenuer Skill juga dapat membantu dalam memahami kemampuan personal, sehingga ketika para UC Onliner membuka sebuah bisnis juga bisa menilai apakah dalam menjalani bisnis tersebut sudah sesuai belum dengan kemampuan yang ada.

Dimana UC Onliner bisa menjadi Enterpernuer?

Prof. Wong Poh Kam juga mengatakan bahwa selain memiliki inovasi dan passion, UC Onliner juga bisa belajar dari pengalaman orang lain serta membangun sebuah network dimanapun lingkungan Anda. Karena membangun network juga sangatlah penting. Dari adanya network kita bisa mendapatkan good connection bahkan mungkin kita juga bisa mendapatkan koneksi dengan negara luar. Membangun serta mengembangankan kembali Social Interpersonal Skill yang kita miliki.