[Event] International Conference on Entrepreneurship

ICOEN (International Conference on Entrepreneurship) adalah sebuah konferensi internasional yang diselenggarakan oleh program pascasarjana Master of Entrepreneurship Universitas Ciputra. Acara yang diadakan selama dua hari dari tanggal 18-19 September 2014 di Auditorium Universitas Ciputra Surabaya ini mengambil tema tentang “Building and Growing Entrepreneurial Organizations”. Keynote speaker yang hadir pada hari pertama adalah Prof. Parimal Merchant (Director Center For Family Managed Business SP Jain Institute of Management & Research India) dan Norashidah Hashim, Ph.D. (Deputy Director Training and Consultation Department, CEDI Universiti of Utara Malaysia).

Sedangkan pada hari kedua, ICOEN diisi oleh pembicara Ir. Antonius Tanan, M.BA., M.Sc., M.A. (President of UCEC Indonesia), dan Prof. Dr. Lucas Costa, S.E., M.Si. (Rector of Universidade Dapaz, Timor Leste). Terdapat beberapa poin penting yang disampaikan dalam konferensi ini. Seperti yang disampaikan oleh Ir. Antonius Tanan, bahwa untuk membangun entrepreneurial organization dibutuhkan beberapa proses yang harus didukung oleh setiap elemen di dalamnya. Dalam dunia pendidikan misalnya, antusiasme dan semangat dalam menyebarkan pendidikan entrepreneuship harus dimulai dari tingkat pengajar. Sebelum mengajarkan tentang entrepreneurship, para pengajar diharapkan telah menjadi seorang entrepreneur sehingga apa yang diajarkan adalah apa yang pernah mereka alami di lapangan, dimana faktor resiko dan kerugian itu menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan dalam menjadi seorang entrepreneur.

Ir. Antonius Tanan juga menjelaskan pentingnya menyebarkan semangat entrepreneurship ke semua kalangan di Indonesia. Oleh karena itu, melalui organisasi UCEC yang dibentuknya bersama Ir. Ciputra, diharapkan akan lebih banyak entrepreneur bermunculan di Indonesia, dari anak petani sampai nelayan, pegawai negeri, tentara, politikus, dokter, dan dari semua kalangan ekonomi. Beliau mengungkapkan bahwa menjadi entrepreneur adalah solusi untuk mengatasi masalah ekonomi seperti pengangguran dan krisis. UCEC adalah lembaga yang bertujuan untuk menebarkan spirit dan kecakapan entrepreneur ke semua kalangan. Dalam beberapa sesi pelatihan, UCEC bahkan berkesempatan untuk mengajarkan entrepreneurship pada pekerja seks komersial (PSK).

Sedangkan presentasi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Lucas Costa membahas tentang pendidikan entrepreneur yang diterapkan dalam Universidade Dapaz, Timor Leste. Mengenai ini, beliau pun masih berupaya untuk mengembangkan pendidikan entrepreneur yang tepat di universitasnya. Beliau menganggap bahwa pendidikan entrepreneur merupakan hal yang sangat penting demi pembangunan ekonomi bangsa.

Konferensi ini selain mengupas tentang pentingnya Entrepreneurship di dunia, juga dilengkapi dengan parallel session berupa presentasi penelitian mengenai Entrepreneurship dari para peserta ICOEN yang telah mengirimkan paper. Selain itu, ICOEN juga dihadiri oleh sejumlah praktisi pendidikan dan akademisi dari berbagai universitas di Indonesia. Mereka terlihat antusias dalam mengikuti sesi tanya jawab yang sebagian besar menanyakan tentang bagaimana menerapkan kurikulum pendidikan entrepreneurship di universitas mereka. Semoga dengan perhelatan konferensi internasional seperti ICOEN ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya entrepreneurship semakin meningkat dan lebih banyak entrepreneur bermunculan di Indonesia.