Mentoring adalah Sebuah Hubungan Saling Menguntungkan untuk Mencapai Tujuan

Di dunia ini tidak ada hal yang pasti, semua pasti akan berubah. Hal yang dapat dipastikan adalah perubahan itu sendiri, sehingga kita mau tidak mau harus mampu dan siap menghadapi segala perubahan yang akan terjadi. Perubahan–perubahan tersebut dapat kita temui dalam segala aspek kehidupan kita, seperti perubahan kebiasaan, perubahan lingkungan, perubahan sikap dan lain sebagainya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bekal dalam menghadapi berbagai macam perubahan salah satunya adalah mentoring.

Erwin Schrodinger pernah menjelaskan jika dalam era perkembangan dan perubahan jaman kita tidak dapat menjelaskan kepada setiap orang apa yang telah kita kerjakan, maka pekerjaan tersebut akan sia–sia dan tidak ada nilainya. Oleh sebab itu, kita membutuhkan mentoring sebagai bekal dalam menghadapi perubahan. Di samping itu mentoring bisa difungsikan sebagai sarana yang dapat kita gunakan untuk memaparkan dan menjelaskan ide–ide yang kita miliki. Dengan mentoring kita bisa saling berkomunikasi atau pun berbagi informasi dengan orang-orang yang sudah ahli dan mengerti tentang apa yang kita kerjakan agar pekerjaan kita tidak akan sia-sia dan tidak bernilai hanya karena tidak ada orang yang mengetahuinya.

Hal lain yang perlu kita sadari adalah segala sesuatunya itu bersifat sementara dan tidak akan pernah bertahan lama. Sehingga kita sebaiknya berusaha agar bisa memperoleh sesuatu dengan cepat lalu mempertahankannya selama mungkin, dengan melakukan mentoring kita bisa memperoleh berbagai saran dan pembelajaran dari orang–orang yang sudah pernah mengalami hal yang sama sehingga kita bisa mengaplikasikan cara–cara sukses mereka dan tidak melakukan kesalahan seperti yang telah mereka lakukan.

Mentoring juga bisa dijadikan sebagai batu loncatan dan jalan agar kita bisa lebih menonjol serta dikenal dari pada yang lainnya. Dengan mentoring kita akan membangun sebuah jaringan hubungan yang menghubungkan kita dengan banyak orang. Hal ini bisa membantu dan mempermudah kita dalam memperoleh apa yang kita inginkan dan mewujudkan apa yang kita impikan karena semakin kompleks dan berkembang jaringan hubungan yang kita buat, kita akan lebih banyak mendapatkan channel dan optional dalam proses mewujudkan serta melakukan langkah sukses kita.

Dalam jaman yang terus berkembang, perlu diyakini bahwa berbagai masalah dan tantangan yang datang dan harus dihadapi saat ini tidak mampu dijawab hanya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi modern karena keduanya memiliki keterbatasan masing–masing. Sehingga kita perlu mencari solusi alternatif lain agar kekurangan yang timbul dapat diatasi dan menyelesaikan berbagai masalah dari berbagai aspek. Mentoring dapat kita daya gunakan sebagai salah satu alternatif, dengan mentoring ilmu pengetahuan dan teknologi modern dari berbagai bidang dapat dikombinasikan dan dibandingkan satu sama lain agar dapat menghasilkan atau menciptakan ide serta solusi yang muktakhir dalam mengatasi perkembangan jaman.

Dengan ini kita sebaiknya menanamkan dalam benak kita bahwa mentoring yang dilakukan sebaiknya bisa menjadi sarana dan wadah yang menguntungkan untuk kita mencapai tujuan tertentu. Namun mentoring sebaiknya dilakukan dan dipraktekkan dalam kehidupan kita, sehingga positif dan negatif dari yang kita kerjakan dapat langsung kita ketahui dan mengerti agar kita bisa lebih cepat mendapatkan dan menggapai tujuan yang kita kehendaki. Mentoring yang kita lakukan sebaiknya juga diseleksi dan dievaluasi, jangan dengan mudah langsung bertindak sesuai hasil mentoring. Kita juga harus mempertimbangkan berbagai aspek yang mempengaruhi dalam menggapai tujuan sukses. (er/uceo)