Kepemimpinan adalah Bagaimana Mempengaruhi Orang Lain untuk Alasan yang Bermanfaat

ECL-DennyRenata-03.png

Pada tema kali ini UCEO akan membahas tentang kepemimpinan dan pengaruhnya. UCEO percaya, kepemimpinan adalah bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk alasan yang bermanfaat.

Ketika seorang teman mengatakan sesuatu, dan hal itu kemudian Anda ingat, itu pun sebuah pengaruh. Hal-hal kecil lainnya yang memengaruhi Anda dan berhasil mengubah cara hidup Anda, juga merupakan sebuah pengaruh. Begitu pun sebaliknya, Anda memberi pengaruh kepada orang lain melalui sikap, perbuatan, dan perkataan Anda. Dapatkah pengaruh tersebut membawa sebuah manfaat dan keuntungan tidak hanya untuk diri kita sendiri melainkan untuk orang lain?

Mempengaruhi dengan Prinsip

Mempengaruhi orang lain sebenarnya bisa dilakukan setiap orang namun tergantung dari cara orang tersebut memimpin dan tentunya tergantung dari prinsip yang Ia miliki. Mengapa? Karena jika seseorang tidak memiliki prinsip maka Ia juga akan dengan mudah mendapat pengaruh yang mungkin saja itu pengaruh buruk. Tetapi jika seseorang memiliki prinsip yang teguh dia pasti akan menjadi seorang pemimpin yang kuat.

Apapun tipikal dan gaya kepemimpinan bergantung pada prinsp yang dipegangnya. Kepemimpinan tidak identik dengan  posisi, kepemimpinan adalah sebuah fungsi. Seorang pemimpin harus bisa memiliki sebuah inisaitif yang berasal dari dalam dirinya sendiri. Dengan menuangkan apa yang menjadi instiatifnya itu juga akan mampu membuat anggotanya untuk mengambil keputusan apakah akan mengikuti atau tidak.

Memberi Keputusan dengan Komunikasi yang Baik

Pemimpin juga bisa memberikan pengaruh terhadap keputusan yang Ia putuskan. Karena setiap keputusan yang diambil dan ditetapkan maka anggotanya juga pasti akan mengikuti apa yang menjadi keputusan dari pemimpin Anda tersebut. Jika pemimpin tersebut tidak bisa memutuskan dengan baik maka jalur yang ditempuh juga pasti tidak akan berjalan dengan baik. Dalam hal ini juga pemimpin haruslah mempunyai jalinan komunikasi yang baik, karena pemimpin jika tidak memberikan jalinan komunikasi yang baik maka akan berpengaruh kepada bawahan-nya yang lain. Mereka akan mengikuti apa yang menjadi ucapan dari pemimpin tersebut secara tidak langsung, kadang salah dalam penyampaian juga dapat membawa masalah miss communication.

Yang perlu UC Onliner ingat pula adalah pemimpin harus memegang sebuah kepercayaan dan memberikan kepercayaan itu kepada anggotanya. Anda dapat memulai memberikan sebuah kepercayaan dengan memberi tugas yang simple. Tentunya Anda tidak ingin salah memberikan kepercayaan hingga berakibat fatal terhadap perusahaan atau organisasi yang dijalani.

Memimpin dengan Tegas dan Adil

Ketegasan seorang pemimpin juga sangat dibutuhkan. Pemimpin yang tidak tegas akan membawa juga pengaruh kepada anggotanya sehingga anggota juga akan bersikap acuh tak acuh. Tetapi seorang pemimpin yang tegas dapat mampu membangkitkan suasana dan juga mampu memberikan semangat kepada anggotanya. Bersikap tegas artinya mengatakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Jika A maka A, jika B maka B, tanpa sikap yang tegas pemimpin tidak bisa berlaku adil.

Memiliki inspirasi juga bisa dilakukan oleh para pemimpin, karena berawal dari inspirasi maka sebuah motivasi juga akan timbul. Dari sana para UC Onliner’s juga bisa melihat ternyata pemimpin seperti inilah yang bisa membantu para UC Onliner untuk termotivasi menjadi pemimpin di kemudian hari. Menjadi seorang pemimpin dapat juga memberikan pengaruh kepada orang lain untuk alasan yang bermanfaaat, dengan cara Ia juga harus mampu fokus kepada apa yang menjadi prioritas utama.

Seorang pemimpin tidak akan mampu/bisa memberikan pengaruh kepada orang lain untuk alasan yang bermanfaat jika pemimpin tersebut masih merasa takut. Seorang pemimpin harus bisa menunjukkan kepada anggotanya bahwa Ia juga mampu menghilangkan rasa takut dan berani untuk keluar dari zona nyaman-nya.