Yovita Lesmana Personality Training

Karir dalam bidang motivasi dan pengembangan diri umumnya ditekuni oleh orang yang sudah mempunyai banyak pengalaman hidup, namun tidak sama halnya dengan Yovita Lesmana. Wanita kelahiran 21 Agustus 1985 ini memilih terjun di dunia motivasi dan personality training setelah lulus dari jurusan komunikasi Universitas Petra Surabaya. Apabila kebanyakan para lulusan sarjana memilih menjadi karyawan setelah lulus kuliah, namun Yovita memilih jalan yang lain yaitu dengan menciptakan lapangan kerja dan membangun kemitraan untuk mengembangkan bisnisnya dan perusahaan yang didirikannya sejak 2007, Yovita Lesmana Personality Training. Melalui sarana pendidikan yang memberikan pelatihan dan pengembangan kepribadian inilah, Yovita memposisikan dirinya sebagai trainer kepribadian di usianya yang masih muda.

Yovita Lesmana Personality Training didirikan untuk memberikan pelatihan dan pendidikan dalam pengembangan kepribadian, yaitu tentang bagaimana cara memahami orang lain yang dimulai dengan memahami diri kita sendiri, bagaimana menggali potensi dalam diri masing-masing. Dengan harapan, potensi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menuju kesuksesan serta dalam berhubungan dengan lingkungan di sekitarnya.

Awalnya, Yovita Lesmana Personality Training hanya bergerak dalam bidang edukasi. Namun saat ini, organisasi ini telah berkembang menjadi konsultan untuk perusahaan serta merambah ke 7 kota di Indonesia dengan 5 divisi, yaitu divisi academic, social, entrepreurship, company, dan government. Untuk divisi company misalnya, Yovita Lesmana Personality Training memberikan saran dan konsultasi yang dapat membantu perusahaan sampai berkembang sukses, dimulai dengan membenahi sumber daya di dalam perusahaan tersebut, memotivasi para pegawai, membuat iklan yang menarik menggunakan social media dan media lainnya, serta bagaimana pengembangan produk agar dapat menjangkau seluruh kalangan dan membuat produk tersebut beda dengan kompetitor lain.

Selalu ada program baru yang diciptakannya sejak 2007 dengan berbagai tantangan yang dihadapinya. Mulai dengan menjadi trainer hospitality untuk front liner, konsultan bisnis untuk korporasi, mendorong perempuan terutama ibu rumah tangga untuk melakukan personal branding agar lebih berdaya untuk dirinya dan orang lain, membuka fashion line sekaligus memberikan konseling penampilan sesuai kepribadian, hingga merancang program untuk siswa SMA dan mahasiswa menjalani liburan berkualitas dengan training etika dan kepribadian. Selain itu, di akhir minggu, Yovita bersama teamnya akan melakukan kegiatan sosial, dimana kegiatan sosial itu bukan bertujuan untuk memberikan uang, tetapi dengan berbagi ilmu supaya lebih banyak pengusaha muda yang hidup di Indonesia.

Dari keseluruhan program yang diciptakannya, kepedulian menjadi kunci utamanya. Peduli pada pengembangan diri orang lain, agar mampu menjadi pribadi yang lebih baik, positif, dan berdaya dengan personal branding yang tepat. Untuk mencapai tujuan ini, Yovita tak bekerja sendiri. Meski semua konsep berasal dari pemikirannya, ia membangun sistem partnership untuk tenaga marketing, akunting dan desain. Untuk setiap kota, ia memiliki 4 orang tenaga marketing dengan status yang tidak mengikat dan penerapan sistem komisi.

Bagi Yovita, apa yang dikerjakannya lebih kepada mengajak orang untuk bersahabat dengan diri, tahu menempatkan diri, menghargai profesi yang dimilikinya. Sikap seperti ini berlaku untuk semua orang dari berbagai kalangan dan jenis pekerjaan. "Dengan menghargai diri, seseorang akan dihargai oleh orang lain, dan ia mampu bertahan di lingkungannya." tuturnya. Demi memastikan setiap kliennya mencapai tujuan program, Yovita juga menerima konsultasi melalui email. Bertemu dengan klien baginya seperti menemukan sahabat baru.

Konsep persahabatan inilah yang membedakan personal branding ala Yovita. Baginya, program personal branding akan berhasil dengan sentuhan personal. Dengan bersahabat, komitmen akan lebih mudah dibangun. Orang pun nyaman berdiskusi lebih mendalam demi mencapai tujuan bersama.

Sumber:

  • http://nasional.kompas.com/read/2013/01/01/18551912/Perempuan.Muda.Berdaya:.Yovita.Agustine.Lesmana
  • http://yovitalesmana.com/about/