Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Dari Akuntan ke Profesional di Sektor Transportasi Publik

jonan.jpg

UCEO kali ini akan membahas tentang profile dari seorang menteri fenomenal yang telah dipilih langsung oleh Presiden Jokowi. Seperti yang telah diprediksi banyak pihak sebelumnya, nama Ignasius Jonan termasuk dalam daftar menteri yang akan bekerja di pemerintahan Kabinet Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla. Inilah profil dan biodata Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan Indonesia Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019.

Ignasius Jonan adalah sosok yang sudah tidak asing di bidang perhubungan di tanah air. Jabatan terakhir yang disandang lelaki berusia 51 tahun ini adalah Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang diembannya sejak tahun 2009. Di bawah pimpinan Ignasius Jonan, masyarakat dapat melihat dan merasakan peningkatan pelayanan PT KAI. “Kita tahu semuanya bahwa dia (Ignasius Jonan) adalah Dirut PT Kereta Api Indonesia kemudian juga seorang profesional yang berpengalaman dalam pengelolaan sektor transportasi publik,” ujar Presiden Jokowi saat mengumumkan nama Ignasius Jonan sebagai Menteri Perhubungan RI.

Lahir di Singapura pada tanggal 21 Juni 1963, Ignasius Jonan adalah lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Airlangga Surabaya. Kemudian, ia melanjutkan studinya ke Fletcher School, Tufts University, Amerika Serikat. Ignasius Jonan sempat merintis karir di bidang lain sebelum berkiprah di PT KAI. Ia menjabat sebagai Direktur Citibank/Citigroup dari tahun 1999 hingga 2001, kemudian mengampu jabatan selaku Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) dari tahun 2001 hingga 2006 dan berlanjut sebagai Managing Director hingga 2009.

Mengenai penunjukannya sebagai Menteri Perhubungan oleh Presiden Jokowi, Ignasius Jonan hanya mengatakan ”Biasa saja. Karena ini bekerja, bukan jabatannya”. Yang jelas, ia berjanji untuk bekerja maksimal demi lebih baiknya transportasi di Indonesia. Ignasius Jonan sempat diragukan banyak orang ketika Jokowi memilih Beliau menjadi menteri perhubungan. Setelah pelantikan Ignasius Jonan, Beliau akan kembali melakukan peninjauan kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Beliau berencana akan meninjau gedung-gedung di Kementrian Perhubungan, Mentri perhubungan ini akan melakukan sidak ke beberapa ruangan kantornya.

Dahlan Iskan juga pernah memberitahukan kepada Jonan dengan mengatakan akan menampar wartawan yang bertanya pada saat perkembangan proyek kereta bandara pada bulan Febuari 2013, yang mengatakan bahwa kinerja Jonan sering mengirimi foto-foto yang juga membuat dirinya dianggap menganggu. Ignansius Jonan pernah disebutkan bahwa Ia pernah tertidur pada saat Ia harus mengawasi pelayanan PT.KAI. Pada saat itu Dahlan Iskan mendoakan agar Jonan dapat diangkat menjadi Mentri perhubungan dan ternyata doa Dahlan pun terjawab. Ignansius memulai karir baru-nya sebagai mentri perhubungan adalah dengan memberikan tugas ke Dirut KAI yang baru, dimana kapasitas orang kereta api yang awalnya 200 juta menjadi 600 juta orang. Untuk kereta angkutan barang yang pada awalnya 60 juta ton dalam 5 tahun ke depan akan di tingkatkan menjadi 30 juta ton per tahun.

Kuliah Kepemimpinan GRATIS

Bapak Ir. Basuki Tjahaja Purnama MM, atau yang lebih dikenal dengan nama Ahok, terkenal dengan kepemimpinannya yang tegas serta berintegritas. Melalui platform Universitas Ciputra Entrepreneurship Online (UCEO) ini, beliau bersedia untuk berbagi pengalaman dan prinsip-prinsip kepemimpinan yang penting bagi pemimpin muda bangsa Indonesia, baik di dunia bisnis maupun pemerintahan. Kuliah Entrepreneurial Leadership Ahok Way ini dipersiapkan agar setiap peserta dapat memperoleh mutiara-mutiara pembelajaran dari Bapak Ahok.