Petualangan 24 Mahasiswa Universitas Ciputra di INTRADE 2014

Universitas Ciputra merupakan universitas swasta muda yang didirikan oleh Bapak Ir.Ciputra pada tahun 2006 yang secara  khusus memberikan pengajaran Entrepreneurship bertaraf strata sarjana dan juga pascasarjana. Sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, Bapak Ciputra memiliki visi untuk menciptakan empat juta entrepreneur di Indonesia pada tahun 2030. Ini dikarenakan entrepreneurship adalah satu dari sumbangsih Ciputra yang beliau percaya dapat memberikan kemajuan untuk bangsa.

Dalam waktu 8 tahun, Universitas Ciputra telah merancang dan menularkan kurikulum entrepreneurship kepada mahasiswa yang rata-rata berumur 18 sampai 22 tahun. Mahasiswa ini diberi kemampuan dan dorongan untuk dapat mendirikan bisnis mereka sendiri sembari kuliah di Universitas Ciputra. Dalam proses pembelajarannya, saat menginjak semester kelima, mereka didorong untuk berpartisipasi dalam sebuah ajang pameran international seperti event INTRADE 2014 yang baru saja diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Tahun ini, 24 mahasiswa Universitas Ciputra yang berasal dari 8 startup bisnis berpartisipasi di INTRADE 2014 sebagai peserta pameran. Produk yang mereka hadirkan pada pameran ini sangatlah beraneka ragam, mulai dari produk makanan dalam kemasan, sabun buatan tangan hingga produk fashion seperti batik dan tas kulit. Mereka berangkat ke event akbar di Malaysia ini untuk mencari partner bisnis dan pembeli yang potensial.

Selama 3 hari acara ini diadakan, para mahasiswa ini belajar dan berhasil menerapkan bagaimana cara menjual dan menawarkan produk mereka ke dunia internasional hingga semua produk yang mereka bawa dari Surabaya ini banyak yang terjual. Bahkan, produk inovasi dari dua startup bisnis mahasiswa ini habis terjual di akhir pameran. Tentunya tidak hanya "berjualan" yang mereka dapat, para mahasiswa ini juga mendapat kesempatan untuk bertukar kontak dengan bisnis lain dan dapat menjalin hubungan kerjasama dengan para startup dari negeri lain yang berpotensi untuk menjadi rekan bisnis mereka.

Our last photo session at #MaTrade 2014. Great job, guys! 🎉🎩👍 (So proud to be a part of this team)

A photo posted by Eric Pramono (@epramono) on

Berefleksi dari petualangan ini, para mahasiswa telah belajar beberapa skill baru dalam membuat kesepakatan dengan pembeli dan partner berskala internasional, mulai dari kemampuan berkomunikasi dan mempresentasikan produk , cara bernegoisasi hingga cara mewawancarai para peserta pameran yang lain. Mereka juga belajar banyak dari para pebisnis yang sudah mapan dan berpengalaman di bidang mereka. Dengan ini, para mahasiswa ini sudah tidak sabar untuk dapat mengaplikasikan beberapa inovasi yang mereka pelajari untuk diterapkan pada bisnis mereka sendiri.