Crazy Teacher Jack Ma yang mengalahkan eBay di Cina

Image Source: vulcanpost.com

Image Source: vulcanpost.com

Menjadi seorang pahlawan ekonomi yang menggerakkan roda perekonomian masyarakat Cina mungkin tidak pernah terlintas dalam pikirannya. Baginya yang terpenting adalah bertindak demi kemajuan dan kejayaan keluarganya. Semangat itulah yang telah menuntun Jack Ma atau mungkin lebih dikenal dengan Crazy Jack menjadi seorang kaya raya dan akan semakin kaya berkat bisnis e-commerce yang diciptakannya.

Mulanya Jack Ma hanyalah seorang guru biasa yang mengajar bahasa inggris sembari menerima jasa menjadi penerjemah bahasa inggris bersama teman–temannya. Dari jasa penerjemah yang dilakukannya, Jack Ma mendapat kesempatan untuk mengunjungi Amerika. Di negeri Paman Sam inilah Jack Ma mengenal internet dan langsung terpukau dengan kemampuan yang ditawarkannya. Sekembalinya dari Amerika, dengan semangat dan harapan agar bisa mengembangkan bisnis – bisnis di Cina Jack Ma mendirikan perusahaan internet yang dinamainya China Pages.

Meski semangat dan impian yang dimilikinya sudah menggebu–gebu tetapi hal ini tidak menjadi jaminan bahwa China Pages yang dikembangkannya akan sukses dan berjalan dengan lancar. Jack Ma memutuskan untuk menutup China Pages karena dirinya menyadari bahwa masih terlalu awal untuk mengusung bisnis internet di saat berbagai pihak dan kondisi masih belum siap untuk menerimanya.

Meski harus menelan pil pahit, Jack Ma masih menunggu untuk mewujudkan mimpinya yaitu membawa bisnis kecil yang ada di Cina agar lebih dikenal masyarakat dunia. Demi mimpi ini lah Jack Ma mendirikan Alibaba beberapa tahun setelah China Pages di tutup, keputusannya untuk kembali melangkah didukung oleh berbagai fakta bahwa masyarakat Cina sudah mulai mengenal internet dan e-commerce Amerika yang mulai berkembang pesat. Dengan didirikannya Alibaba, banyak bisnis kecil menengah Cina yang terbantu untuk memasarkan produknya secara online.

Internet Bubble adalah masalah yang cukup buruk bagi perusahaan dan para pelaku dalam dunia internet. Banyak perusahaan teknologi yang harus pasrah dan gulung tikar akibat internet bubble yang melanda dunia. Jack Ma dan Alibaba yang didirikannya juga tidak luput dari masalah yang dialami oleh seluruh perusahaan teknologi di dunia. Semakin lama kondisi Alibaba semakin memburuk akibat internet bubble yang terjadi, dan perspektif media barat yang negatif terhadap Alibaba. Selain faktor yang memperburuk kondisi Alibaba, Jack Ma juga ingin menegaskan posisi Alibaba sebagai web kelas dunia sehingga dirinya berani mengambil keputusan untuk membuka cabang di Amerika. Meski begitu, keputusannya ini kemudian hari disadari sebagai keputusan yang salah sehingga Jack Ma melakukan PHK massal terhadap Tim Alibaba di Amerika agar bisa membuat Alibaba tetap bertahan melewati krisis.

 Meski telah melewati masa krisis akibat Internet bubble, Alibaba segera berbenah diri dan bangkit untuk menghadapi e-commerce lain yang lebih besar lagi. Krisis yang dialami menyadarkan para penggerak Alibaba pentingnya menghasilkan uang agar perusahaan dapat terus bertahan. Hal ini lah yang mendasari peluncuran fitur berbayar pada Alibaba, sehingga Alibaba bisa memperoleh pendapatan dan bertahan hingga saat ini.

Tak lama setelah itu eBay mulai memasuki pasar Cina dan menimbulkan kekhawatiran Jack Ma terhadap kelangsungan Alibaba. Saat itulah Alibaba mengeluarkan anak perusahaan yang bernama TaoBao sebagai pesaing eBay yang hampir memonopoli pasar Cina pada saat itu. TaoBao yang tidak memungut biaya pada setiap transaksi, dan tampilan websitenya yang mengikuti selera pasar Cina perlahan–lahan mulai menggeser dan mengambil alih pelanggan eBay. Setelah tiga tahun TaoBao didirikan jumlah penggunanya sudah menyamai pengguna eBay, ditambah lagi pernyataan penggratisan TaoBao tiga tahun berikutnya membuat pangsa pasar yang dimiliki oleh TaoBao mencapai lebih dari 90%.

Kondisi eBay yang semakin terhimpit membuat eBay berniat membeli saham Alibaba, namun Jack Ma tidak menyetujuinya karena dirinya merasa bahwa eBay hanya ingin menggenggam pasar Cina namun tidak memikirkan kemajuan rakyat Cina. Tak lama setelah itu eBay mengumumkan mundur dari pasar Cina dan memilih fokus di pasar lainnya.

Kemenangan TaoBao atas eBay semakin memperkukuh kedudukan Alibaba di mata dunia. Pertumbuhan pengguna internet di Cina dan dunia juga berperan dalam kesuksesan Alibaba dan Taobao. Kini tak hanya mewujudkan mimpinya untuk mengembangkan bisnis kecil dan menengah yang ada di Cina, Jack Ma juga telah bertransformasi dari seorang guru bahasa inggris menjadi pahlawan ekonomi Cina yang telah menciptakan ratusan juta lapangan pekerjaan dan menggerakkan perekonomian Cina.