"Anda Bertanya, Ir.Ciputra Menjawab" di Acara Launching T100

Di dalam acara launching T100 tanggal 17 Februari kemarin, kami memberikan kesempatan kepada para UC Onliner untuk bertanya langsung dengan Bapak Ir. Ciputra terkait masalah bisnis dan solusi bisnis yang sedang dihadapi. Melalui social media Twitter dengan hashtag #AskPakCi, sebenarnya banyak sekali pertanyaan yang diajukan. Sayangnya Pak Ciputra hanya sempat menjawab 2 pertanyaan dari Bapak Subroto dan Ibu Irma.

Pertanyaan Pertama dari Bapak Subroto :

"Pak, bagaimana saran Anda untuk anak muda yang mau memulai belajar usaha?" 

Pak Ciputra menjawab :

Entrepreneur itu tidak semua orang mampu, meskipun ada bakat namun tidak semua berani mengambil resiko. Ada tiga syarat untuk jadi modal, memulai sebuah usaha yang pertama adalah punya semangat atau gairah untuk berwirausaha, yang kedua mau bekerja keras,dan yang terakhir adalah berani mengambil resiko.

Belajarlah untuk mengambil tindakan dari hal kecil, saat kecil dulu saya menjual kalong, menjual permen, menjual topi dan bahkan saat kuliah saya kuliah sambil menjual desain. Anak muda, mulailah dari kecil-kecilan dulu. Kemudian kembangkan usaha tersebut.

Pertanyaan Kedua dari Ibu Irma :

"Apa yang harus dimiliki sebuah brand lokal untuk bisa bersaing dengan brand luar yang sudah import minded"

Pak Ciputra menjawab: 

Anda harus bisa menjadi leader di dalam negeri, baru bisa bersaing di luar negeri.

Teringat saat saya di Vietnam ,kami selalu memikirkan yang baru, dan kl ada yang baru dan masuk akal tidak akan ditolak, meskipun awalnya ditolak tapi saat direncanakan dengn matang dan referensi yang masuk diakal akan disetujui. Membangun citra Hanoi telah saya lakukan itu karena reputasi dari dalam negeri membantu saya dalam melancarkan proyek ini.

Apabila di dalam sudah memiliki prestasi, barulah Anda dapat mencoba bersaing di luar negeri.