Kisah Kesuksesan Pasar Marta Tilaar

Transient

Kesuksesan Pasar terjadi ketika adanya pertambahan market share atau bertambah banyaknya volume penjualannya. (Kotler dan Pfoertsch 2006). PT. Matina Berto yang awalnya berdiri sebagai industri rumah dengan produk bermerek Sariayu, pada tahun 2012 telah mencapai omzet sekitar 717,79 miliar rupiah. Salah satu kesuksesan yang akan dibahas pada artikel ini adalah tentang Kesuksesan Pasar yang telah dihasilkan oleh Perusahaan Martina Berto yang disadur dari buku "The Marta Tilaar Way".

Salah satu strategi Kesuksesan Pasar yang diterapkan pada PT. Martina Berto adalah melakukan segmentasi pasar. Menciptakan produk yang dibutuhkan oleh berbagai kelompok masyarakat berdasarkan umur mereka dengan harga yang mampu dibeli oleh setiap kelompok tersebut. Ditambah dengan memberi dan menjaga kualitas produk yang tidak kalah dengan merek luar negeri. Dengan strategi ini secara perlahan akan tampak jelas pergeseran nilai brand atau merek dari Martina Berto.

Seorang manajer puncak menambahkan bahwa produk Martina Berto mempunyai suatu kelebihan  dalam persaingan brand karena dianggap mempunyai sifat-sifat budaya mistik. "Kita coba kesannya itu kuno, mistik, but also can fit with the modern lifestyle. Sehingga akhirnya kita tetap dapat membuatnya.. ya warisan-warisan."