Twitter @UCEO_ID di Hack jadi @Waktu_Doeloe

Hari Sabtu pagi, 1-Mar-2014 pk 06.00 WIB, account Twitter @UCEO_ID di-hacked. Semua tweets dihapus, dan semua orang yang kami follow di-unfollow. Kemudian, passwordnya diganti dan alamat email addressnya pun diganti, sehingga kami tidak dapat mengaksesnya kembali.

12 jam kemudian, account Twitter @UCEO_ID berubah nama menjadi @waktu_doeloe, yang langsung aktif posting tweets baru yang tidak ada hubungannya dengan UCEO. Semua orang yang tadinya follow @UCEO_ID akan otomatis follow @waktu_doeloe, dan akan terputus hubungan dengan account @UCEO_ID yang sebenarnya.

Kemudian, kami mengambil keputusan untuk mendaftar sebuah account Twitter baru karena nama @UCEO_ID kembali available. Adapun motif hacker hanyalah untuk mencuri account Twitter yang sudah banyak followernya dan kemudian menjualnya kembali ataupun menggunakannya untuk keperluan pribadi.

Jika rekan-rekan UC Onliner telah follow @UCEO_ID sebelum hari Sabtu, mungkin Anda bisa meng-unfollow @waktu_doeloe, dan mem-follow @UCEO_ID kembali: http://twitter.com/UCEO_ID. Jangan lupa untuk mention kami agar kami tahu Anda adalah bagian dari Pembaca Blog UCEO.

Kami sangat berterima kasih jika rekan-rekan UC Onliner dapat membagikan berita ini ke rekan/saudara agar mereka tidak terputus hubungan dengan @UCEO_ID, dan juga agar mereka dapat mengambil pelajaran dari kejadian ini.

Kami sarankan Anda juga segera amankan account Twitter Anda masing-masing, dengan cara sebagai berikut:

  1. Hubungkan nomor HP Anda dengan account Twitter Anda
  2. Kirimkan semua aktivitas login ke nomor HP Anda
  3. Pastikan bahwa setiap kali ada upaya untuk reset password Anda, selalu membutuhkan alamat email Anda
  4. Jangan biarkan orang dengan menemukan account Twitter Anda dengan mencarinya berdasarkan alamat email Anda ataupun nomor HP Anda.

Kami akan membagikan tips-tips keamanan lainnya dalam waktu dekat di blog ini, karena kami tidak ingin rekan-rekan UC Onliner menjadi korban kejahatan digital ini. Kami percaya bahwa "Entrepreneur yang sejati jatuh 10x, tapi bangkit 11x".

Salam Entrepreneur.