Formula Membuat Curriculum Vitae dari Vice President People Operation Google

Transient

Sebuah formula telah dibocorkan oleh Kepala HRD Google, Laszlo Bock, melalui sebuah wawancara singkat Thomas L. Friedman di Mountain View California. Sebuah formula sederhana membuat Curriculum Vitae (CV) yang sering kali tidak terpikirkan oleh para pencari kerja. Bagi Bock dalam memilih pegawai di perusahaan raksasa Google, formula ini akan sangat berguna layaknya sebuah penemuan Einstein. Berikut adalah cuplikan wawancara yang membuat semua pencari kerja harus mengganti CV mereka.

Thomas L. Friedman :
Bagaimana membuat CV yang baik?

Laszlo Bock :
Kuncinya adalah menjelaskan kelebihan Anda seperti "Saya telah menyelesaikan X, dimana orang biasa melakukan Y, dengan cara Z". Seharusnya setiap pelamar kerja membuat CV seperti ini. Akan lebih jelas dan baik jika mengatakan "Saya telah menerbitkan 50 buku dibandingkan orang lain yang hanya menerbitkan 6 buku dengan mendalami ilmu di bidang ini selama 3 tahun." Hampir setiap pelamar yang saya temui tidak menaruh konten yang benar seperti ini.

Sudah menjadi rutinitas bagi Department People Operation untuk merekrut pegawai setiap tahun dan Google harus memiliki sebuah cara yang tepat dan rasional dalam merekrut pegawainya. Bahkan Laszlo Bock tidak mempermasalahkan latar pendidikan para pelamar dan lebih mementingkan apa yang telah mereka hasilkan dan dapat mereka kerjakan. Sekitar 2 juta orang melamar ke Google setiap tahunnya dan dengan rumus ini Lazlo Bock dapat dengan mudah menyaring CV yang dikirim kepadanya. Formula ini sudah menjadi syarat mendasar bagi 7,000 pegawai yang diterima di Google setiap tahunnya.

Oleh sebab itu bagi UC Onliner yang belum sepenuhnya berani terjun ke dunia entrepreneur dan sedang mencari pekerjaan, tidak ada salahnya untuk menerapkan formula ini ke CV Anda. Bagi perusahaan besar, CV adalah kunci awal mengenali kepribadian Anda. Akan sangat disayangkan jika nantinya CV Anda tidak dapat menarik perhatian mereka.