Strategi Waktu pada Marketing di Media Sosial

GBR1.jpg

Media sosial bukan merupakan hal asing bagi banyak orang. Menurut The Marketeers, pengguna Internet di Indonesia telah mencapai 74 juta orang. Itu merupakan jumlah yang sangat prospek untuk dipertimbangkan sebagai ladang bisnis.

Menurut Entrepreneur.com, 81% dari bisnis UMKM kini telah beralih menggunakan media sosial dan 94% dari mereka menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Bahkan mereka lebih memilih menggunakan Facebook Page dan Twitter untuk meningkatkan Customers’ Intimacy dibandingkan website mereka.

Berdasarkan hasil survey LinkedIn dan SumAll, media sosial sangat berperan dalam pesatnya perkembangan bisnis. Sembilan puluh satu persen dari bisnis UMKM mengatakan media sosial meningkatkan brand awareness atau dengan kata lain masyarakat lebih mungkin mengetahui produk mereka melalui media sosial dibanding media lainnya.

Selain itu, berjualan melalui media sosial lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan toko fisik. Buktinya dapat Anda lihat di gadget Anda masing-masing, terdapat sangat banyak online shop dalam bentuk BBM Grup, Facebook Page, Instagram yang notabene gratis. Bahkan jika bisnis online menggunakan website juga lebih hemat daripada menyewa stand di mall atau membeli toko.

Namun, bisnis UMKM jarang memperhatikan implikasi dari posting mereka di media sosial. Mereka paling mementingkan konten. Padahal waktu yang tepat juga bisa memberikan dampak yang besar. SumAll.com pernah meneliti customers di berbagai perusahaan kecil hingga besar mengenai waktu-waktu yang tepat untuk mempromosikan produk dan jasa melalui media sosial sebagai berikut:

1. Twitter
Orang-orang biasanya membuka Twitter pada jam 1-2 siang karena ingin membagikan curahan hati atau sekedar melihat-lihat timeline. Alasannya pada jam tersebut orang biasanya ingin beristirahat sejenak dari perkerjaan dan mengecek keadaan orang lain. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengepost iklan pada jam ini. Anda sebaiknya mempost tips-tip atau pictorial yang berhubungan dengan produk Anda.

2. Facebook
Pada jam 1-4 sore orang-orang sudah bersiap-siap untuk pulang kantor atau aktivitas lainnya sehingga memiliki waktu luang yang cukup panjang untuk membaca postingan Facebook. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memposting pada jam diatas. Sebaiknya Anda memposting tulisan yang lebih panjang daripada Twitter karena Facebook tidak membatasi jumlah karakter postingan. Anda juga harus memulai tulisan dengan kata-kata menarik seperti “Mengatur Pola Makan yang Sehat”.

3. Tumblr
Media ini sangat sesuai untuk berjualan melalui foto disertai keterangan yang panjang. Bisnis fashion sangat cocok melalui media sosial ini karena bisa memposting foto-foto produk dengan mudah disertai detail bahan ukuran dan lain-lain. Jika Anda berencana untuk menggunakan media ini, posting pada jam 7-10 malam.

4. Instagram
Tumblr memiliki satu kelemahan dimana pembuat posting tidak dapat dengan mudah berinteraksi dengan pembelinya melalui komen. Oleh karena itu, muncullah Instagram. Posting foto menjadi lebih mudah dan lebih teratur dibandingkan Tumblr. Di Instagram juga bisa mempost karakter tanpa batasan. Jika Anda memilih media ini maka Anda sebaiknya mempost pada jam 5-6 sore. Jangan lupa untuk menambahkan hashtag yang sesuai dengan produk Anda sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon customer.

5. Pinterest Pinterest merupakan aplikasi media sosial terbaru yang juga focus pada postingan gambar. Kelebihan Pinterest adalah adanya pin. Jadi Anda tidak perlu mengupload banyak foto produk Anda, cukup mem-pin foto orang lain kemudian dikumpulkan dalam board Anda. Hal ini sangat memudahkan bagi reseller atau distributor. Jika Anda memilih cara ini sebaiknya Anda mempost pada jam 9-11 malam.

6. Google+
Salah satu pendatang baru dalam media sosial adalah Google+. Media sosial buatan Google ini cukup bersaing dibanding media sosial lainnya. Google+ sangat mendukung bisnis online dengan fasilitas Google+ Business Page. Fitur-fiturnya mirip dengan Facebook Page namun sayangnya belum ada aplikasi untuk smartphone sehingga sulit untuk mengupdate secara mobile. Orang-orang biasanya mengakses web ini pada jam 9-11 malam.

Demikian adalah beberapa tips penggunaan waktu media sosial yang dapat UC Onliner terapkan. Semoga UC Onliners dapat menerima manfaat dan sukses dalam bisnis masing-masing. Salam Entrepreneur.