Ingin Menjadi Freelancer Online ? Siapa Takut !

Transient

Di era yang modern ini, hampir setiap orang memiliki akses internet. Mulai dari modem, wifi di cafe hingga kabel telepon juga bisa UC Onliners gunakan. Tetapi sangat disayangkan tidak semua orang menggunakan fasilitas ini dengan maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih banyaknya orang yang mencari listing job perusahaan. Padahal banyak sekali pekerjaan freelance online di internet yang bisa UC Onliners kerjakan tanpa perlu biaya maupun tenaga yang besar. Selain menghemat waktu dan biaya karena bisa dikerjakan di rumah, pekerjaan freelance ini tergolong mudah karena UC Onliners bebas memilih pekerjaan yang UC Onliners sukai. Namun sayangnya banyak orang khususnya di Indonesia belum mengerti bagaimana mencari pekerjaan freelancer online ini. Berikut adalah tips bagaimana UC Onliners bisa menemukan pekerjaan freelancer online dan memulai bekerja di rumah :

1.Ikutlah Komunitas Freelancer
Banyak sekali komunitas freelancer di internet yang menawarkan pekerjaan maupun mencari pekerjaan. Bergabung dengan komunitas professional akan membuat UC Onliners lebih mudah mencari pekerjaan karena sudah dipercaya oleh jutaan perusahaan di seluruh dunia. beberapa contoh komunitas ini seperti : freelancer.com, elance.com, odesk.com

2.Expose Diri Anda
Memiliki sebuah website freelancer sendiri adalah ide yang cukup bagus. Bahkan sangat direkomendasikan UC Onliners memiliki website karena akan memudahkan orang menghubungi UC Onliners. UC Onliners bisa saja mengembangkan usaha freelance website ini menjadi perusahaan besar !

3.Gunakan Relasi Anda
Memiliki teman banyak adalah hal yang cukup menguntungkan disini. UC Onliners bisa menghubungi seluruh teman dan kerabat untuk menawaran jasa UC Onliners. Bagi beberapa orang, akan lebih mudah menemukan pekerjaan jika memiliki relasi sebelumnya.

4.Tetaplah Aktif
Banyak orang yang mengira bekerja freelancing hanyalah berkutat dengan komputer. UC Onliners harus tetap aktif sosial di dunia maya maupun nyata. Dengan menemui banyak orang baru dan bersosial, UC Onliners akan lebih mudah mencari project-project baru untuk dikerjakan.

5.Marketingkan Diri Anda
Bagi orang yang memulai freelance, bisa saja hal ini menjadi sulit. Namun memarketingkan diri UC Onliners menjadi hal yang penting disini. Perusahaan cenderung mencari orang yang dipercaya untuk melakukan pekerjaannya. Jika UC Onliners mengerjakan pekerjaan itu dengan sangat baik, mungkin saja UC Onliners bisa direkrut oleh mereka.

6.Beriklan
Mungkin ini adalah alternatif lain untuk UC Onliners yang memiliki modal. Dengan beriklan, orang akan lebih mengenal siapa UC Onliners dan memiliki potensi lebih besar karena dianggap lebih serius di bidang ini.

7.Jangan Lupakan Pasar Lokal
Beberapa orng terlalu asyik dengan klien online mereka hingga melupakan orang lokal disekitar. Meskipun binis kecil, klien tetaplah klien. UC Onliners harus bersikap profesional dan lakukan yang terbaik bagi siapapun.

8.Mintalah Referensi
Ini adalah bentuk lain dari beriklan. Referensi membuat klien baru UC Onliners lebih mudah percaya daripada tidak sama sekali. Kebanyakan klien akan senang hati memberikan referensi mereka jika pekerjaan UC Onliners sungguh memuaskan.

9.Jangan Terlalu Mahal !
Memang benar setiap service harus memiliki keuntungan yang cukup. Namun jangan terlalu berlebihan dengan harga fantastis, apalagi UC Onliners baru saja memulai usaha ini. Akan lebih baik jika UC Onliners bisa bernegosiasi harga dengan setiap klien.

10.Jangan Bekerja Gratis
Ingatlah, bahwa UC Onliners di sini sedang bekerja freelance. Bukan berarti untuk memberikan service terbaik maka segalanya harus gratis. UC Onliners perlu mengatakan kepada klien mengapa UC Onliners harus dibayar. * 11.Berbagilah Kartu Nama*
Kesalahan umum freelance adalah tidak membagikan kartu nama. Kartu nama adalah hal yang baik, agar klien UC Onliners mudah mengingat dan mengkontak UC Onliners kembali.

12.Jangan berhenti Mencoba
Semua freelancer sukses adalah orang yang tidak pernah berhenti mencoba. Mereka tetap mencoba dan mencoba meskipun telah ditolak puluhan kali bahkan ratusan kali untuk mendapatkan pekerjaan freelance mereka yang pertama. Buatlah setip kesalahan sebagai pelajaran, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.