5 Tips Memulai Hari Pertama di Tempat Kerja

Image Credit : adormi.com

Image Credit : adormi.com

Hari pertama memasuki kerja bisa menjadi hari yang sangat menyenangkan, namun juga menakutkan. Mungkin UC Onliners setuju akan hal ini. Lynn Taylor, seorang penulis pengamat kerja nasional mengatakan bahwa tekanan yang kita rasakan pada hari pertama kerja disebabkan oleh tuntutan yang diperloleh dari lingkungan kerja serta diri kita sendiri untuk membentuk kesan awal yang positif. Dalam bahasa psikologi, perilaku ini dikenal dengan sebutan impression management atau manajemen impresi.

Manajemen impresi adalah usaha yang kita lakukan untuk mendapatkan kesan positif di suatu tempat. Setelah melewati proses seleksi kerja, rekrutmen, dan wawancara, akhirnya tiba saat di mana kita harus menampilkan diri kita yang sebenarnya di tempat kerja. Ini adalah seni dan tantangan yang harus kita lewati dengan mulus, agar proses selanjutnya di tempat kerja dapat terlewati dengan sukses.Setelah membaca beberapa artikel dan pendapat para ahli, UCEO ingin membagikan kepada UC Onliners 5 Be’s, yaitu tips-tips untuk memulai hari pertama di tempat kerja.

  1. Be On Time
    Sudah merupakan rahasia umum bahwa kesan pertama yang baik diperoleh dari kedisiplinan saat hari pertama kerja. Dan datang tepat waktu adalah cara pertama yang wajib dilakukan. Set alarm lebih awal dari biasanya, jangan tergesa-gesa ketika sedang bersiap, karena penampilan kita di hari pertama kerja juga sangat menentukan kesan para rekan kerja dan atasan kita. Lebih bagus lagi bila di hari sebelumnya kita sudah menyiapkan baju apa yang akan kita pakai dan apa saja yang akan kita bawa ketika bekerja. Kedisiplinan waktu tidak hanya berlaku saat datang ke tempat kerja, tetapi juga saat mengerjakan tugas yang diberikan pada kita. Pada hari pertama, biasanya tugas belum seberapa sulit. Itu adalah waktu kita untuk menunjukkan performa yang excellent, yaitu dengan mengumpulkan tugas tepat atau bahkan sebelum deadline. Buatlah atasan dan rekan kerja kita senang dengan apa yang kita kerjakan.

  2. Be On Place
    Cara jitu menampilkan kesan pertama yang positif adalah, kuasai tempat kerja kita! Perhatikan lingkungan kerja baru kita, hafalkan tempat-tempat yang ada, dan perhatikan juga lingkungan di sekitar kita. Hal itu akan mempermudah kita untuk bekerja dan bersosialisasi dengan baik. Jika memungkinkan, kita juga bisa memoles tempat kerja kita sebaik mungkin sehingga bisa menambah performa kerja kita. Misal saja menghias meja atau ruangan kita dengan benda-benda yang membuat kita semangat dalam bekerja. Yakinilah bahwa tempat di mana kita ditempatkan harus menjadi ¬home bagi kita.

  3. Be on Community
    Selain berurusan dengan tuntutan kerja, tentunya kita juga tidak boleh melupakan tuntutan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkomunikasi dengan rekan kerja. Yang pertama, bergaulah sewajarnya. Turut bergosip ria di hari pertama adalah hal yang tabu, karena di hari pertama itulah rekan-rekan kerja memberikan penilaian awalnya pada kita. Hal yang sebaiknya kita lakukan adalah bergabung dengan sewajarnya, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu menarik diri, namun selalu sambutlah ajakan rekan kerja dengan baik. Kenalkan diri pada rekan-rekan kerja, dan ingatlah nama mereka, karena orang akan terkesan ketika kita mengingat namanya dengan cepat. Ingat, meski kita ada di hari pertama kerja, bersikaplah seperti layaknya rekan kerja lainnya. Meninggalkan meja saat makan siang, turut bergabung untuk membicarakan sesuatu, dan bertukar kontak hingga suasana terasa lebih nyaman.

  4. Be On Matters
    Tidak hanya bicara soal manners atau sikap kita di tempat kerja, kita juga harus memperhatikan matters alias “isi” yang kita bawa. Adalah hal yang sangat baik jika kita terlebih dahulu mempelajari jobdesk dan materi yang harus kita kerjakan di tempat kerja nanti. Siapkanlah pertanyaan akan hal-hal yang tidak dimengerti, dan bawalah diri untuk selalu tergabung dalam diskusi di tempat kerja. Akan tetapi, ketika berada pada hari-hari pertama, bukalah telinga lebih lebar dan tahanlah mulut untuk berbicara. Kuasai dulu materi yang akan dikerjakan lewat pembicaraan rekan-rekan kerja di sekitar kita. Ini akan menghindarkan kesan bahwa kita adalah orang yang sok tahu.

  5. Be On Yourself
    Tidak ada yang lebih baik dari memperoleh kesan baik dari awal hingga masa kerja berlangsung. Namun, apa gunanya bila kesan ini ternyata hanya kepura-puraan? Perlu UC Onliners ketahui bahwa kesan yang kita berikan bukan berarti kita harus memakai topeng di tempat kerja. Menata perilaku untuk menghasilkan kesan yang baik adalah suatu keharusan, begitu juga dengan menjadi diri sendiri. Bertanyalah bila tidak mengerti, ungkapkan pendapat bila ada sesuatu yang mengganjal di hati, dan tegakkan profesionalitas dalam membentuk impresi. Selamat memulai hari pertama di tempat kerja.

Sumber : http://www.businessinsider.co.id/what-to-do-your-first-day-of-work-2014-2/#.U13FFvmSz0w
http://career-advice.careerone.com.au/job-hunting-strategy/getting-started/top-ten-tips-for-the-first-day/article.aspx
http://www.totaljobs.com/graduate/careers-advice/life-at-work/how-to-have-a-good-first-day-at-work