9 Cara Menjadi Lebih dari Seorang Leader

Transient

Menjadi pemimpin yang baik adalah dambaan setiap orang. Tidak jarang jika sebuah perusahaan bekerja keras mencari seorang pimpinan dengan seleksi ketat hanya sekedar mencari orang dengan jiwa kepemimpinan yang baik. Jiwa seorang pemimpin sesungguhnya ada di setiap orang dan bisa dilatih namun hanya sedikit orang yang peduli akan pentingnya kepemimpinan ini. Contohnya jika kita memiliki seorang pimpinan di kantor yang memiliki jiwa kepemimpinan, tentu setiap pekerjaan akan diselesaikan dengan baik dan potensi pada setiap karyawan bisa dimaksimalkan. Berikut adalah tips bagi anda, agar menjadi pemimpin yang lebih baik :

1.     Doronglah Karyawan untuk Menolak Anda

Perusahaan yang baik selalu mendorong karyawannya untuk terus berpikir menyelesaikan masalah yang ada, jangan cepat berpuas diri dengan keberhasilan yang sudah ada. Jika karyawan anda berfokus pada keberhasilan dan hanya berbicara tentang keberhasilan yang sudah mereka peroleh, berarti anda dalam bahaya ! Doronglah mereka untuk tidak cepat berpuas diri dan terus mencoba alternatif yang lebih baik

2.     Jangan Tuntun Mereka !

Proses belajar yang paling baik adalah mencoba dan mempraktekan. Biarkan karyawan anda bekerja dengan mandiri dan menggunakan cara yang mereka inginkan, ini akan mendorong karyawan anda untuk bekerja lebih kreatif dan bebas. Seorang pemimpin yang baik akan selalu mendukung mereka dari depan maupun belakang

3.     Jika tidak setuju dengan sebuah ide, Jangan hancurkan mereka !

Pelajaran yang paling baik adalah belajar dari kesalahan. Biarkan mereka mencoba ide dan belajar dari setiap kesalahan.

4.     Tunjukan Belas Kasihan Anda

Buatlah hubungan interpersonal yang kuat di tempat kerja , sehingga karyawan memiliki beberapa makna yang melekat pada pekerjaan yang mereka lakukan. Sedikit belas kasihan akan membuat karyawan anda lebih berempati dan menghormati anda.

5.     Berjanjilah untuk terus belajar dan ingin tahu

Pengetahuan selalu berkembang setiap waktu, begitu juga kepemimpinan. Teruslah bertanya pada diri sendiri “apa yang harus saya ketahui?” atau “Bagaimana saya belajar dan menguji ide di situasi yang tidak aman?”. Tentunya pertanyaan ini akan melatih anda lebih jeli dalam pengambilan keputusan.

6.     Kenali diri anda sendiri

Sama seperti ketika anda mengikuti progam diet tanpa mengetahui berapa berat badan anda sendiri. Anda harus mengetahui kebenaran tentang diri anda sendiri, mulailah perjalanan anda dengan kebiasaan apa yang sering anda lakukan. Apakah kebiasaan anda membuat anda mengambil keputusan lebih buruk ? Salah satu masalah terbesar yang bisa dilihat adalah kurangnya nyata kesadaran diri. Para Eksekutif sering tidak menyadari bahwa pentingnya kesadaran diri, padahal mereka adalah orang yang mengambil keputusan.

7.     Seperti Laser yang fokus pada tujuan

Tetap fokuslah pada tujuan. Seringkali seorang pemimpin berpikir terlalu banyak hal yang membuat anda tidak fokus pada hal yang lebih penting. Berilah kesempatan pada diri anda untuk berfokus pada satu hal. Hal ini akan memberi hasil lebih baik, daripada mengerjakan lima hal dan tidak satupun yang selesai.

8.     Singkirkan manajer tak berprestasi

“Jika saya memiliki 60 manager, mungkin saya akan menyingkirkan 40 darinya. Saya tidak mentoleransi orang yang bersantai ataupun terlalu manja” kata Gordon Bethune (seorang CEO maskapai penerbangan). Setiap orang menang atau tidak satupun menang

9.     Berlatihlah kepemimpinan setiap hari

Banyaknya latihan yang anda lakukan akan mempengaruhi performa anda. Ini sama ketika anda bermain alat musik, semakin banyak anda berlatih dengan musik maka nada yang dihasilkanpun akan semakin indah.