Kenali Jenis Kepemimpinan Anda

Credit Image: http://forbes.com

Credit Image: http://forbes.com

Kenali Jenis Kepemimpinan Anda Di dunia ini banyak sekali jenis tipe kepribadian orang, ada yang sabar ada pula yang tempramental. Penting bagi kita UC Onliners untuk mengenali mana yang baik untuk dicontoh dan mana yang tidak. Tentu ada kelebihan dalam setiap tipe orang. Jika UC Onliners adalah salah satu pemimpin di dalam pekerjaan maupun pemimpin dalam keluarga, yuk mari kita simak jenisnya berikut ini :

1. Adaptif / Inovative

Merupakan tipe kepemimpinan yang mampu menyesuaikan diri dengan cepat dengan situasi atau keadaan sekitar. Bisnis layaknya hutan rimba yang ganas, siapa yang mampu beradaptasi dengan suhu dan kondisi hutan dialah yang dapat bertahan. Ini merupakan tipe yang cukup penting dan harus dimiliki setiap orang meski tidak dominan pada diri anda. Setiap bisnis pasti akan melewati masa krisisnya, dengan adanya pemimpin yang adaptif maka akan mudah menyesuaikan situasi demi keberlangsungan bisnis. Contoh paling konkrit adalah Richard Brandson yang merupakan pemimpin Virginia Group (pesawat terbang). Ia selalu mampu melihat kondisi yang ada di dalam timnya, mana yang berjalan baik dan mana yang tidak. Namun kekurangannya adalah segala resiko yang timbul akan meningkat pula. Hal ini dikarenakan selalu ada pemikiran dan ide baru yang belum tentu 100% berjalan sempurna. Jangan kawatir jika UC Onliners merupakan salah satu sosok pemimpin bergaya inovative, karena sebuah kegagalan sudah bukan lagi hambatan untuk orang dengan tipe ini.

2. Kecerdasan Emosional

Dalam psikolog, ada kaitan erat antara emosi dengan kepemimpinan. Emosi memang diperlukan dalam pemimpin, namun rata-rata pemimpin yang sukses adalah orang yang dapat mengendalikan emosinya. Pemimpin dengan tipe kecerdasan emosional mampu mengendalikan emosinya, mengatur dirinya dan membuat relasi yang baik dengan tepat. Mempengaruhi orang demi tujuan tertentu merupakan salah satu teknik orang yang memiliki tipe ini. Contoh konkritnya adalah Donna Karan. Saat ada masalah menimpa perusahaanya DKNY yaitu perusahaan fashion, ia tidak langsung terlibat langsung di dalam masalah itu dan cenderung percaya kepada orang lain untuk menyelesaikan masalah. Namun ia tidak serta merta melepas tanggung jawab, Donna tetap memonitor masalah yang ada dan memberikan solusi solusi efektif jika ada halangan. Hal ini menyebabkan semua anggota dituntut bekerja lebih kreatif untuk menyelesaikan masalah dan kepuasan tinggi karena produktivitas tim yang baik.

3. Karismatik

Orang yang memiliki ciri karismatik adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain dari cara kepemimpinannya. Biasanya orang dengan tipe ini memiliki watak yang gigih dan pantang menyerah. Selain itu memiliki karakter semangat yang kuat sehingga banyak orang yang kagum akan sosok dirinya. Ia juga dapat menjadi motivator yang hebat sehingga orang lain akan terpacu untuk bekerja lebih keras. Contoh nyata seperti Oprah Winfrey, ia selalu berhasil membuat mendorong orang menjadi lebih baik melalui personalitasnya. Bahkan sepertinya ia selalu memiliki kepercayaan diri yang lebih baik daripada timnya sendiri. Namun perlu disadari terkadang sifat ini juga memiliki resiko yaitu ketergantungan pada sosok pemimpinnya. Jika pemimpin tidak lagi menjabat pada posisi itu maka seluruh anggota tim bisa saja kehilangan kepercayaan diri

4. Authentic

Kata yang paling tepat untuk menggambarkan pemimpin dengan tipe authentic adalah disiplin. Setiap bisnis khususnya bisnis yang baru startup harus memiliki watak kedisiplinan. Biasanya pemimpin tipe ini memiliki rasa tanggung jawab yang besar pada tugasnya. Contoh kongkrit adalah Jeff Besoz yang tidak lain adalah pendiri dari amazon ( Website toko online terbesar di dunia). Sifatnya selalu menerapkan stardart yang tinggi pada setiap pekerjaan untuk dirinya maupun timnya. Keuntungannya adalah mampu membuat project dengan kualitas yang baik dengan kecepatan dan efisiensi yang tinggi. Namun jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu lama beberapa orang akan merasa risih dan enggan untuk bekerja lagi dengan pemimpin tipe ini.

5. Level 5 Leader

Level 5 merupakan istilah untuk seorang pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional yang baik juga kharismatik. Mengejar impian dengan begitu hebatnya tanpa menyerah namun memiliki hati yang baik dengan pengendalian emosi yang tepat. Sangat jarang menemukan orang dengan tipe ini. Karena pemimpin tipe level 5 mengutamakan kepentingan organisasi daripada pribadi, juga menahan ego demi kepentingan organisasi.

6. Mindful Leader

Tidak jarang kita menjumpai pemimpin dengan pemikiran lama yang sudah usang. Seperti sebuah keputusan yang didasarkan karena pengalaman lama. Padahal pengalaman itu belum tentu sama pada masa sekarang. Pemimpin yang mindful cenderung mendengarkan pendapat orang lain dan menganalisa setiap perubahan yang terjadi. Tidak mencemari keputusan dengan pemikiran lama yang belum tentu sama dengan saat ini.

7. Narsisme

Diantara yang baik ada pula yang tidak patut dicontoh. Bisa disebut kata narsisme karena terlalu mencintai dirinya sendiri. Biasanya mereka yang sudah berhasil dalam suatu hal dan cenderung menyombongkan diri sehingga tidak mau belajar lagi atau mendengarkan orang lain. Namun nyatanya pemimpin dengan tipe tidak selalu buruk juga karena mereka akan selalu memikirkan setiap kesalahan demi mencapai visi mereka.

8. No-Execuse

Bagi UC Onliners yang memiliki saudara ataupun kerabat yang bekerja di bidang militer, tentu hal ini sudah biasa. Selayaknya tentara, memiliki jiwaa yang tegas, berani dan keras. Mereka tidak akan mengampuni setiap kesalahan yang ada, semua aturan harus dilaksanakan dengan baik. Orang dengan karakter ini mampu membuat keputusan dengan cepat. Beberapa pemimpin dunia memiliki karakter ini, contohnya konkritnya adalah Tom Coughlin yang merupakan kepala pelatih perusahaan New York Giants. Ia selalu memiliki sifat keras dan berharap setiap orang akan melakukan hal yang sama. Namun kenyataanya Tom dengan sifat ini terbukti mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan keamanan, hukum dan keuangan dengan lebih baik daripada pemimpin lain dengan sifatnya seperti itu. Ini dikarenakan ia selalu dapat memenuhi target dan membuat keputusan yang cepat. Keras memang baik untuk beberapa hal tapi jika digunakan terlalu banyak akan membatasi kreativitas dan kemampuan mereka sendiri untuk berkarya.

 

Sumber terkait :

https://en.wikipedia.org/wiki/Leadership_styles

http://www.fastcompany.com/1838481/6-leadership-styles-and-when-you-should-use-them

http://startupbisnis.com/11-tipe-kepemimpinan/