Apa sih Perbedaan Komik dan Manga ?

Transient

Bagi sebagian orang, membaca komik maupun manga adalah hobby yang sangat menyenangkan. Betapa tidak dilihat dari segi cerita maupun gambar semuanya terlihat lucu dan menarik. Tidak  heran banyak anak anak ketika datang ke toko buku, hanya rak bagian komik dan anime saja yang menjadi sasaran mereka. Namun pada kenyataanya komik dan anime digemari semua kalangan di dunia, mulai dari anak, remaja hingga orang dewasa. Pernahkah anda sadar, apa sih perbedaan komik dan manga ? mungkin pertanyaan itu masih saja terlontar ketika kita sering mendengar 2 istilah yang berbeda itu. Pada dasarnya komik dan anime adalah sama, yaitu buku bergambar yang menceritakan suatu kisah. Disini yang membedakan keduanya adalah asal muasal dan ciri khas dari masing-masing.


Perbedaan yang bisa kita lihat adalah istilah komik sendiri berasal dari negara barat.  Memiliki ciri-ciri  yang menceritakan tentang kisah superhero seperti contohnya catwoman, superman, spiderman dan tokoh super hero lainnya. Alur cerita yang sedikit melompat, terkadang hal ini membuat sebagian orang bingung dengan alur ceritanya karena tidak mengerti sepenuhnya isi cerita. Bentuk susunan gambar yang rapi dan terkotak kotak. Maksudnya jika anda perhatikan lebih detail, anda pasti menemukan bahwa gambaran pada komik tidak pernah keluar dari kotak kota yang ada. Ini akan membuat komik terkesan lebih kaku daripada manga karena tidak bisa mengekspresikan desain dan ide lebih baik. Bentuk karakter yang proporsional dan juga cara menggambar yang cenderung di block. Bentuk gambaran pada komik biasanya memiliki tubuh yang proporsional dengan pewarnaan yang block hitam dan putih saja, tidak ada arsiran atau degradasi warna. Namun tidak semua komik memiliki pewarnaan block hitam putih saja, saat ini sudah ada perubahan dalam pembuatan komik. Efek gradasi dan full color warna sudah dapat anda temui di dalam komik.


Mari kita simak apa yang menjadi perbedaan dari manga. Dari sisi pembuatan, manga biasanya dibuat di negara asia yaitu jepang dan korea. Memiliki ciri ciri yang menceritakan tentang karakter di luar superhero dan imajinasi dari pembuatnya. Alur cerita lebih detail dan terkadang memiliki cerita yang mundur ke belakang sehingga mudah untuk dipahami karena tidak ada cerita yang terlompati. Bentuk susunan gambar tidak baku dan tidak terkotak, anda seringkali akan menemukan karakter yang melewati pembatas kotak sehingga terlihat lebih ekspresif. Bentuk karakter juga tidak selalu proporsional, seperti contohnya kepala yang lebih besar, lengan yang lebih kurus, selalu ada bagian tubuh tertentu yang dibuat berbeda dan tidak proporsional. Dari rambut juga ditemukan lebih runcing dan tajam dibandingkan komik. Bentuk pewarnaan yang selalu hitam putih, anda tidak akan pernah menemukan manga yang berwarna seutuhnya. Biasanya pewarnaan hanya pada sampul dan halaman bagain depan saja. Memiliki gradasi yang kuat dan arsiran bisa ditemukan hampir di seluruh isi buku. Ini dikarenakan buku hanya memiliki hitam dan putih sehingga penting untuk nenambahkan efek gradasi agar terlihat lebih menarik


Lalu jika ditanya mana yang lebih baik, tentu jawabannya sangat subyektif. Tergantung selera masing masing, ada yang lebih menyukai manga karena lebih ekspresif dan kreatif, ada pula yang m,enyukai komik karena pembentukan karakter yang rapi dan alur superhero. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa manga memiliki pendukung lebih banyak, karena selalu didukung dengan uniknya cerita dan gambar yang tidak baku.

 


Sumber :
http://graphicnovel.umwblogs.org/2013/03/21/western-comics-vs-manga-does-one-overcome-the-other/
https://au.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110801210649AAcNpPo
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20131207182630AAn1hxa