6 Buku Paling Laris Dekade Ini

Transient

Buku adalah salah satu sumber informasi yang terpercaya. Dari buku, kita bisa mendapatkan informasi umum, kisah inspiratif, dan pelajaran untuk pendidikan kita. Berikut ini daftar buku paling laris dalam dekade ini:

1. The Davinci Code - Dan Brown
Terjual 80 juta eksemplar. Buku ini menceritakan tentang penyelidikan kematian seorang kurator Museum Louvre, Jacques Saunière. Penyelidikan dilakukan oleh seorang ahli simbol, Robert Langdon dan cryptographer, Sophia Neveu. Saunier dibunuh oleh Silas, anggota Sekte Opus Dei. Sauniere dibunuh karena menyimpan rahasia yang diinginkan oleh Guru dari Silas. Bersama Sophia yang merupakan cucu dari Sauniere, Robert memecahkan kode-kode yang diberikan Sauniere. Film ini menceritakan tentang kisah religi yang kontroversial yaitu kisah keturunan Yesus dan Maria Magdalena.

2. Harry Potter and Half Blood Prince - J.K. Rowling
Terjual 65 juta eksemplar. Buku ini merupakan seri keenam dari sekuel Harry Potter karya J.K. Rowling. Buku ini mengisahkan tahun keenam Harry Potter di Hogwarts, sekolah sihir di Inggris. Harry Potter yang kehilangan wali yang disayanginya, Sirius Black, harus menghadapi setahun pelajaran Pertahanan Ilmu Sihir bersama Professor Snape, guru yang sangat dibencinya. Harry Potter juga diajak bersama Albus Dumbledore, Kepala Sekolah Sekolah Hogwarts untuk mengenal masa lalu Voldemort, musuh bebuyutan Harry. Dumbledore berencana untuk melemahkan Voldemort melalui Hocrux yang merupakan potongan-potongan jiwa Voldemort. Pada pemburuan Hocrux, Dumbledore harus meminum racun yang melemahkan tubuhnya. Setelah mereka kembali, Hogwarts diserang oleh kroni-kroni Voldemort. Dumbledore akhirnya dibunuh oleh Profesor Snape atas 'perintah' Voldemort.

3. Harry Potter and the Order of the Phoenix - J.K. Rowling
Terjual 55 juta eksemplar. Harry Potter and the Order of the Phoenix merupakan buku kelima dari sekuel Harry Potter. Buku ini menceritakan organisasi sihir tertua yaitu Order of the Phoenix yang diketuai oleh Dumbledore. Organisasi itu bermarkas di kediaman wali Harry, Sirius Black. Semenjak pertarungan dengan Voldemort, Harry kehilangan kepercayaan dari masyarakat sihir karena dianggap berbohong tentang kebangkitan Voldemort. Ketika kembali ke Hogwarts, Harry harus menghadapi guru Pertahanan Ilmu Hitam yang baru, Profesor Dolores Umbridge. Harry selalu menjadi bulan-bulanan Profesor Umbridge. Harry juga harus mendapatkan kilasan-kilasan pikiran Voldemort. Puncaknya ketika Harry melihat Sirius disiksa oleh Voldemort di Kementerian Sihir, Harry langsung pergi ke Kementerian bersama teman-temannya. Ternyata Harry ditipu oleh Voldemort dan akhirnya Sirius dibunuh oleh Belatrix Lestrange dalam pertarungan antara Order of the Phoenix dan Pelahap Maut.

4. Harry Potter and the Deathly Hallows - J.K. Rowling
Terjual 50 juta eksemplar. Buku ini merupakan buku ketujuh sekaligus seri terakhir dari sekuel Harry Potter. Buku ini menceritakan tentang perjalanan Harry Potter menghancurkan Hocrux Voldemort. Harry memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan di Hogwarts dan berkelana bersama dengan teman-temannya mencari Hocrux. Perjalanan itu sangat tidak menyenangkan dan penuh tantangan. Hingga akhirnya mereka kembali ke Hogwarts untuk mencari Hocrux yang terakhir. Ternyata Hogwarts sedang diserang oleh Pelahap Maut. Harry juga menyaksikan fakta mengejutkan dari seorang Snape. Akhirnya Harry menyerahkan dirinya kepada Voldemort dan hidup kembali. Harry kemudian mengalahkan Voldemort dalam duel dan hidup bahagia selamanya.

5. The Girl with Dragon Tattoo - Stieg Larsson
Terjual 30 juta eksemplar. Buku ini merupakan buku pertama dari triologi karya Stieg Larsson. Buku ini menceritakan mengenai dua tokoh yaitu Mikael Blomkvist seorang jurnalis dan Lisbeth Salander, seorang wanita yang mengalami kekerasan seksual dari walinya. Mikael Blomkvist bermasalah dengan seorang biliuner Hans-Erik Wennerström dan dihukum penjara. Ia kemudian meminta bantuan kepada Henrik Vanger dan sebagai balasannya ia harus memecahkan kasus hilangnya cucu perempuan Henrik, Hariet. Dalam memecahkan kasus itu, Mikael dibantu oleh Lisbeth. Kasus itu ternyata berujung pada tindak kekerasan seksual kepada Hariet yang dilakukan oleh ayah dan saudara laki-lakinya. Hariet ditemukan menyamar sebagai sepupunya, Anita. Larsson mengangkat permasalahan yang sering terjadi di masyarakat Swedia yaitu kekerasan seksual kepada wanita.

6. The Hunger Games - Suzanne Collins
Terjual 23 juta eksemplar. Buku ini merupakan buku pertama dari triologi The Hunger Games oleh Suzanne Collins. Buku ini menceritakan kehidupan seorang gadis, Katniss Everdeen, yang tinggal di Distrik 12. Setiap tahunnya setiap distrik diwajibkan untuk mengirim perwakilan sepasang remaja untuk mengikuti The Hunger Games untuk memperingati pemberontakan Distrik 13. Adik Katniss, Primrose, terpilih sebagai tribute sehingga Katnis menawarkan diri untuk menggantikan adiknya. Proses karantina dan pelatihan berlangsung di Capitol, ibukota dari dua belas distrik. Permainan dimulai dalam Arena. Hanya ada satu pemenang dalam pertarungan itu. Bersama dengan teman dari distrik 12, Peeta, Katniss berjuang dan bertahan hidup. Hingga akhirnya hanya ada satu yang bisa hidup. Tetapi Katniss memilih hidup berdua atau mati berdua. Akhirnya diputuskan mereka berdua menang. Demikian, UC Onliners, ulasan mengenai buku terlaris dalam dekade ini. Semoga Anda terinspiraai untuk selalu membaca buku.