Tips Pemimpin Bekerja dengan Mendelegasikan Tugas

Image Source: kensviews.com

Image Source: kensviews.com

Satu orang tidak mungkin mengerjakan semua pekerjaan. Itulah perkataan yang seringkali kita dengar. Oleh karena itu, Anda perlu mendelegasikan tugas. Delegasi tugas berarti Anda memberikan tugas Anda untuk dikerjakan sebagian oleh orang lain. Tentu itu terdengar malas dan tidak bertanggung jawab. Mungkin Anda sudah terbiasa melakukan segala hal sendirian atau sekedar perfeksionis. Tetapi delegasi tugas merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemimpin.

Alasan lain untuk mendelegasikan tugas adalah Anda bisa fokus ke pengembangan bisnis dibandingkan mengerjakan detail kecil. Anda mungkin suatu saat akan memperkerjakan orang untuk melakukan operasional sehari-hari dan Anda akan membuat perencanaan bagi bisnis Anda. Jadi bagaimana cara mendelegasikan tugas yang baik?

Jangan mengharapkan hal yang sempurna. Tujuan Anda mendelegasikan tugas adalah untuk menyelesaikan tugas tersebut, bukan untuk menciptakan mahakarya yang indah. Anda sebaiknya menciptakan standar pekerjaan (SOP) dan biarkan karyawan Anda mengerjakan sesuai dengan standar itu.

Berikan instruksi pekerjaan yang jelas. Pastikan karyawan Anda mengerti cara kerja di perusahaan Anda. Anda juga harus mengecek apakah ia telah menerapkan cara yang telah Anda berikan sehingga tidak merusak sistem di perusahaan Anda.

Jangan berpikir bahwa Anda satu-satunya yang bisa mengerjakan tugas itu dengan baik. Meskipun karyawan Anda mengerjakannya dengan cara yang berbeda dengan yang Anda lakukan, itu tidak serta merta dianggap salah. Yang terpenting Anda sudah menciptakan tujuan dan standar yang harus diikuti maka cara kerja bukanlah masalah. Ingat, hal terpenting dalam delegasi tugas adalah mengembangkan karyawan dan menciptakan lingkungan pekerjaan yang lebih baik.

Tujuan lain dari delegasi adalah untuk meningkatkan keahlian karyawan. Tidak berarti Anda memberikan pekerjaan yang tidak ada sukai. Ketika Anda memberikan tanggung jawab yang lebih, Anda harus siap dengan kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan oleh karyawan Anda. Jangan berikan sanksi atas kesalahan apalagi jika karyawan Anda telah melakukan pekerjaan itu dengan sungguh-sungguh.

Meskipun Anda mendelegasikan tugas kepada karyawan, tidak berarti Anda dapat langsung lepas tangan. Anda harus mengecek perkembangan karyawan Anda. Tidak harus setiap saat, cukup beberapa kali sesuai dengan ketentuan Anda.

Demikian tips singkat UCEO untuk mendelegasikan tugas kepada karyawan Anda. Jangan lupa, UC Onliners, ucapkan terima kasih dan pujilah karyawan Anda jika ia telah melakukan pekerjaannya dengan baik agar ia merasa dihargai dan memberikan kualitas yang baik pula pada perusahaan Anda. Salam Entrepreneur.