Pasangan Hidup sekaligus Pasangan Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, Anda mungkin bingung bagaimana cara membagi waktu bersama bisnis dan pasangan Anda. Mengapa Anda tidak membangun bisnis bersama pasangan Anda? Sekarang Anda mungkin berpikir jawaban pertanyaan itu. Pasangan Anda adalah orang terdekat dalam kehidupan Anda. Pasangan Anda merupakan orang yang paling Anda mengerti. Dan Anda juga telah memahami keahlian pasangan Anda, kelemahan pasangan Anda sehingga tidak perlu masa pengenalan lagi. Hal yang terpenting jika Anda menjalankan bisnis bersama pasangan Anda maka Anda akan bertemu dengan dia setiap hari baik di kantor dan di rumah. Hal itu sangat mendukung hubungan yang harmonis bersama pasangan. Namun, Anda pasti akan menghadapi masalah berkaitan dengan ego, kasih sayang, dan emosi lainnya. Berikut adalah tips agar UC Onliners bisa membuat bisnis yang sukses seperti kehidupan berkeluarga Anda.

1. Pikirkan keuangan keluarga Anda.

Memulai bisnis tidak selalu langsung menghasilkan banyak uang. Oleh karena itu, jika Anda dan pasangan langsung terjun ke bisnis start-up maka keuangan keluarga mungkin akan terpengaruh. Keadaan ekonomi yang terganggu juga mungkin menyebabkan berbagai masalah lain dalam keluarga seperti pertengkaran. Anda dan pasangan juga mungkin akan stres karena kondisi ekonomi yang sedikit seret. Karena itu, Anda dan pasangan sebaiknya telah memiliki tabungan untuk menunjang ekonomi keluarga untuk sementara. Anda atau pasangan juga bisa mencari pekerjaan sampingan terlebih dahulu untuk menopang ekonomi keluarga.

2. Pembagian tugas dan tanggung jawab.

Hal ini sangat penting dalam membangun bisnis apalagi jika bersama pasangan. Tetapkan job description yang jelas di antara Anda dan pasangan sesuai dengan keahlian dan kemampuan masing-masing. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan efektivitas kerja Anda dan pasangan. Selain itu, pembagian tugas membangun batas antara hubungan pasangan dan partner bisnis.

3. Mengesampingkan ego.

Sebagai pasangan, Anda mungkin akan berusaha agar pasangan Anda tidak menghadapi kesulitan. Seperti misalnya seorang suami tidak ingin istrinya bekerja terlalu banyak atau seorang istri ingin membantu suaminya menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumit. Seringkali, pasangan tidak ingin dibantu terutama seorang suami. Ia akan merasa bisa mengerjakan semua tugas dalam bisnis dan istrinya tidak mengerjakan apa-apa. Padahal dalam bisnis, setiap orang harus bekerja dan memberikan kontribusi sesuai dengan keahlian masing-masing.

4. Menyamakan tujuan dan visi.

Dalam bisnis, pemilik harus memiliki visi dan tujuan yang sama. Sama halnya dalam membangun bisnis bersama pasangan, visi dan tujuan harus sama. Dengan begitu Anda dan pasangan dapat membangun bisnis yang sukses.

5. Ciptakan batasan antara waktu berbisnis dan waktu sama keluarga.

Bisnis dengan pasangan dapat mengeratkan hubungan antar pasangan, dapat juga merenggangkan hubungan Anda jika Anda tidak membuat batasan waktu kerja dan waktu bersama keluarga. Selepas kerja, Anda dan pasangan tidak boleh membicarakan masalah bisnis lagi. Pergilah menikmati waktu Anda sebagai pasangan.

Demikian tips untuk membangun bisnis yang sukses bersama pasangan. Semoga UC Onliners bisa menerapkannya bersama pasangan agar dapat tercipta hubungan yang harmonis baik di tempat kerja maupun di rumah. Salam entrepreneur.