Kisah Nic Borg Sang Pencipta Edmodo

Mungkin bagi beberapa orang termasuk UC Onliners, nama edmodo masih asing di telinga kita. Namun bagi siswa atau orang tua yang mempunyai anak yang sekolah di based technology learning pasti mengetahui apa itu edmodo. Nic Borg menjelaskan bahwa edmodo merupakan situs yang digunakan oleh para guru, murid maupun orang tua untuk mempermudah proses pembelajaran secara online. Mungkin sekilas jika anda perhatikan, situs edmodo sekilas terlihat seperti facebook dengan corak warna biru dan dashboardnya yang khas. Namun kedua website ini jelas berbeda kalau dilihat dari fungsinya. Mari kita simak penjelasan tentang edmodo dari Nic Borg untuk mengispirasi kita.

Sebelum menluncurkan edmodo, Nic Borg adalah seorang karwayan di Kaneland High School Maple Park. Selama 7 tahun ia melakukan riset software berbasis website untuk membantu tenaga pengajar disana. Tujuan utamanya adalah membuat edmodo sebagai alat media sosial yang membantu menghubungkan guru dan murid di setiap sekolah juga memastikan mereka terhubung di seluruh dunia. Mari kita simak apa yang Nic katakan untuk semua yang telah dicapainya.

Mengapa Anda menciptakan edmodo ?

Seperti yang anda tahu, kita hidup di dunia yang terhubung dimana mahasiswa dan guru tergantung pada tegnologi dan sumber daya online pada kehidupan juga pekerjaan sehari-hari. Ketika Jeff dan saya meluncurkan edmodo, tujuan awal kami adalah untuk mengembangkan ruang yang memungkinkan guru, siswa, dan sekolah agar diantara satu dengan yang lain lebih terhubung namun tetap menjaga murid aman dan terlindungi.

Apa yang memacu Anda tetap maju ?

Karena saya menyukai dunia pendidikan. Edmodo memacu kelas yang lebih aman dan mudah untuk terkoneksi satu dengan yang lain, menawarkan sebuah platform yang berbasis real time untuk bertukar ide, konten, dan mengakses pekerjaan rumah, nilai, juga informasi penting dari sekolah. Kami meluncurkan edmodo pada tahun 2008, dan kami bertanggung jawab penuh atas pertumbuhan edmodo. Semua fitur yang diimplementasikan adalah dari pengalaman tenaga pengajar di lapangan.

Lalu, apa yang membuat edmodo berbeda ?

Kami memiliki kelebihan untuk guru maupun murid, diantara lain :

1. Akses Mobile - edmodo mudah diakses dimana saja menggunakan gadget yang anda miliki. Telah tersedia di iphone maupun android. Melalui browser apapun yang anda gunakan. Menciptakan lingkungan pembelajaran kapanpun dimanapun

2. Management kelas yang lebih mudah– edmodo memberikan beberapa tool yang mempermudah memanage kelas, termasuk membuat grup, memberikan pekerjaan rumah, penilaian setiap individu, penanggalan dan juga perpustakaan.

3. Manfaat area/kota – edmodo memberikan berbagai kemudahan untuk menghubungkan sekolah dalam wilayah yang diinginkan sehingga tercipta komunikasi efektif dan tentu administrator yang bertugas mengaturnya.

Lalu seberapa unik edmodo dengan produk atau service lain ?

Banyak pengguna edmodo kami mengatakan betapa uniknya edmodo untuk tenaga pengajar. Saya pikir itulah yang membedakan kami dengan kompetitor lain. Kami memiliki 2 juta pengguna dan kebanyakan berasal dari guru yang memberikan saran kepada guru lain.

Ditujukan untuk siapa edmodo ?

Edmodo diciptakan untuk guru, murid maupun orang tua. Kita juga memiliki beberapa alat bantu untuk edmodo daerah. Edmodo tersedia untuk semua sekolah dan semua tingkatan kelas yang ada.

Apa pandangan anda tentang pendidikan di masa depan ?

Guru kelas menentukan bagaimana pendidikan di masa depan. Mereka adalah yang memimpin jalan pengajaran dan mereka lebih tahu dari siapapun tentang bagaimana mengajar lebih baik dari alat apapun yang ada di kelas. Saat kami memberikan pengajar kesempatan untuk terhubung dengan yang lain dan berbagi strategi. Koneksi antara guru dan murid adalah suatu hal yang krusial demi meningkatkan performa murid. Mereka juga adalah kunci dari inovasi kepada murid. Itulah yang kami lihat setiap hari dari edmodo.